Sukses

Pengakuan Sopir Presiden Jokowi Selama Bertugas

Mobil kepresidenan atau mobil RI 1 memiliki spesifikasi yang berbeda dibanding mobil biasa. Tak sembarang sopir bisa mengemudikan mobil yang digunakan oleh Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil kepresidenan atau mobil RI 1 memiliki spesifikasi yang berbeda dibanding mobil biasa. Tak sembarang sopir bisa mengemudikan mobil yang digunakan oleh Presiden Jokowi.

Pada video yang diunggah melalui YouTube Sekretariat Presiden, sopir mobil RI 1 diketahui bernama Zulkarnain. Melalui video tersebut, Zulkarnain pun menceritakan bagaimana dirinya menjadi sopir Jokowi. Sudah dipastikan bukan hal yang mudah. Sebab, bukan hanya kemampuan berkendara yang menjadi patokan, tapi juga keamanan dan penggunaan kendaraan.

Untuk urusan ini, bahkan Mercedes-Benz ikut andil bersama pihak istana dalam perekrutan tenaga ahli melalui pelatihan-pelatihan berkala. Selain mengajarkan fungsi kendaraan, pengoperasian, serta segala fiturnya, yang selalu di-upgrade setiap tahun.

Zulkarnain mengakui beragam cerita mewarnai pengalamannya mengantarkan orang nomor 1 di Indonesia itu. Terutama soal tantangan.

"Pengalaman seru saya selama membawa bapak presiden, perjalanan jauh. Tantangannya luar biasa, karena perjalanan jauh kita itu membutuhkan konsentrasi. Karena kalau tidak konsentrasi kita rawan. Karena yang dibutuhkan membawa itu, Presiden (Jokowi) nyaman, dan keamanan," ungkap Zulkarnain, Selasa (31/12/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Berharga

Terhitung sudah beberapa tahun Zulkarnain mendampingi Jokowi. Dia pun melontarkan harapan kepada Jokowi agar terus membangun Indonesia.

"Harapan saya untuk bapak presiden, semoga sehat selalu untuk membimbing negara ini, seperti periode pertama, pembangunan dan membangun," katanya.

Sementara itu, Komandan Paspampres, Mayjend Maruli Simanjuntak, rupanya pernah menjadi sopir Jokowi. Dia pun menceritakan pengalamannya saat menyetiri Jokowi kala melakukan sidak alias inspeksi mendadak.

"Selaku Komandan Paspampres, banyak kejadian-kejadian kemarin ya, seperti bapak (Presiden, red) minta keluar sendiri," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Mobil Dinas Baru

Sebelumnya, pada periode kedua ini, Jokowi mendapatkan mobil dinas baru Mercedes-Benz S600 Guard sejak Desember 2019. Mobil itu memiliki sertifikat VR 10, yakni perlindungna tertinggi berstatus non militer.

Mercedes-Benz S600 Guard ini dibekali suspensi AIRMATIC, yang memberikan kenyamanan. Fitur kenyamanan lain yakni tambahan sistem multicontour untuk mengatur mode penghangat dan pijat sandaran kaki dan bantalnya.

Selain itu, ada pula sistem lampu cerdas LED, fitur night view assist plus, dan kamera 360 derajat. Mercedes-Benz S60 Guard juga dibekali ban jenis Run Flat, yang memungkinkan kendaraan tetap bisa meaju walaupun kempis atau keadaan darurat.

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.