Sukses

Lakukan Hal Ini Supaya Motor Selalu Kinclong Saat Musim Hujan

Mencuci kendaraan sering dilakukan pemilik saat tunggangan terlihat kotor. Agar lebih maksimal, polesan yang membuat bodi terlihat mengilap sering kali digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci kendaraan sering dilakukan pemilik saat tunggangan terlihat kotor. Agar lebih maksimal, polesan yang membuat bodi terlihat mengilap sering kali digunakan.

Tak boleh sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak membuat bodi motor terlihat seperti baru. Berikut ulasannya seperti dilansir Honda Wahana

1. Rutin Mencuci Motor

Kebiasaan mencuci motor adalah hal yang wajib dilakukan. Dengan kebiasaan ini, motor akan terlihat lebih mengilap.

2. Jangan Gunakan Detergen

Banyak anggapan kalau detergen dapat digunakan untuk mencuci motor. Meskipun bisa, warna cat motormu akan gampang pudar apabila motor sering dicuci dengan menggunakan deterjen. Pakailah sampo motor yang memang diperuntukkan untuk mencuci kendaraan.

3. Bersihkan Motor Secara Detail

Saat mencuci motor pemilik kendaraan biasanya akan membersihkan bodi dan part-part yang terlihat. Padahal mesin dan komponen metal lainnya juga bisa di buat mengilap.

Caranya mudah, gunakan sikat gigi bekas dan kuas untuk mencapai sudut-sudut sempit. Hindari penggunaan sikat kawat.

Gunakan juga sedikit bensin untuk menghilangkan bekas oli yang menempel. Ketika sudah bersih, berikan polish wax.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Hindari Terkena Air Hujan

Sebaiknya guyuran air hujan pada kendaraan tidak dibiarkan terlalu lama menempel. Sebisa mungkin air hujan harus disingkirkan.

Hal itu dikarenakan zat garam dari hujan yang bersifat korosif akan membuat mesin berkarat dan cat motor menjadi kusam.

Selain itu, pemilik juga tak boleh langsung mengelap motor ketika masih basah karena hujan. Hal itu dikarenakan debu–debu yang menempel akan membuat permukaan bodi motor lecet.

5. Poles Motor Secara Berkala

Selain dicuci, cara mengkilapkan body motor ialah memolesnya secara rutin. Poles juga bagian kulit jeruk pada motormu, supaya kembali terlihat hitam seperti baru beli.

6. Parkir di Tempat Teduh

Setelah ke 5 cara diatas dilakukan, pemilik harus benar–benar selektif memilih tempat parkir. Apabila tak ada tempat teduh, sebaiknya berikan cover khusus motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.