Sukses

Kunci Keyless Motor Kehujanan, Amankah?

Beberapa sepeda motor keluaran terbaru saat ini sudah memakai sistem keyless untuk menghidupkan mesin motor. Tak seperti kunci motor konvensional, fitur ini telah menggunakan remote.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa sepeda motor keluaran terbaru saat ini sudah memakai sistem keyless untuk menghidupkan mesin motor. Tak seperti kunci motor konvensional, fitur ini telah menggunakan remote yang bisa diletakan di tempat aman.

Adanya sistem keyless, proses menghidupkan sepeda motor juga dinilai lebih mudah karena pemilik hanya perlu mengantongi remote di saku pakaian atau tas dan memutar knop ke posisi menyala sebelum motor distarter.

Lalu apakah kunci keyless aman jika terkena air hujan?

Tak sedikit pemilik motor memberikan pertanyaan terkait tersebut karena di dalam remote keyless terdapat komponen elektronik untuk menghubungkan remote ke ECU motor.

Seperti dilansir Suzuki Indonesia, hal ini ternyata tak masalah apabila remote keyless terkena air hujan atau percikan genangan air di jalan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Boleh Terendam Air

Meski tak masalah saat kehujanan atau terkena percikan air, remote tetap bisa memiliki masalah apabila terendam di dalam air.

Pabrikan kendaraan roda dua sudah memperhitungkan air hujan dan genangan air mengingat motor hanya memiliki dua roda.

Namun, pemilik juga wajib menjaga komponen ini, jangan sampai remote masuk ke dalam air atau terendam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.