Sukses

Cara Jitu Mengilapkan Mika Lampu Motor yang Kusam dan Menguning

Liputan6.com, Jakarta - Mika lampu sepeda motor pasti akan mengalami kusam dan menguning karena pemakaian. Jika sudah begitu, pastinya akan membuat tampilan kuda besi kesayangan berkurang kerennya.

Nah, bagi yang bemasalah dengan mika lampu sepeda motornya, ada beberapa tips untuk membersihkannya, seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia.

Langkah pertama, bersihkan mika lampu terlebih dahulu hingga kering. Selanjutnya, lakukan proses sanding atau amplas memakai mesin. Proses ini bertujuan untuk mengikis dan mencerahkan kembali lapisan mika lampu yang kusam.

Mika lampu sendiri masih bisa dipoles, selama kondisinya masih utuh dan belum ada tanda dan gejala keretakan atau sudah getas. Proses sanding pertama untuk menghilangkan bercak jamur dan kotoran, dan kedua untuk menghilangkan goresan dalam, lalu terakhir finishing supaya mika terasa halus kembali.

Saat proses sanding sudah selesai, berikutnya mika lampu dipoles pakai cairan kompon agar kembali terlihat bening seperti baru. Agar tidak kembali menguning dalam waktu dekat, mika lampu dilapisi lagi dengan memakai cairan coating.

Itulah beberapa beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan untuk membuat mika lampu motor tidak kusam lagi. Jika masih bingung, bisa langsung menanyakannya langsung pada ahlinya atau serahkan langsung pengerjaannya pada jasa pembersihan mika lampu yang biasanya membuka jasanya di pusat-pusat onderdil kendaraan bermotor.

 

2 dari 3 halaman

Cara Mudah Merawat Lampu Kendaraan Supaya Berumur Panjang

Saat ini, banyak mobil baru telah dilengkapi dengan lampu utama berteknologi LED (Light-emitting diode). Hal itu dikarenakan, lampu LED memiliki keunggulan yang tidak ada di lampu halogen biasa.

Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, keunggulan yang banyak dicari pemilik kendaraan dari lampu LED ialah usia pemakaian.

"LED ini sebenarnya usia pemakaiannya panjang. Memang ada istilahnya yang rusak, tapi jarang sekali. Paling tidak di atas tiga tahun. Sebenarnya halogen di kita juga sama yang ganti di bawah 3 tahun juga jarang," kata Bambang belum lama ini di Sibolga, Sumatera Utara.

Saat disinggung cara merawat lampu LED, Bambang menegaskan pemilik kendaraan hanya perlu membersihkan lampu dan memperhatikan kondisi mika.

"Kalau perawatan, tidak ada yang berbeda antara halogen dan LED. Cukup satu yaitu kebersihan lampunya dan memperhatikan kondisi mika. Misalkan, ketika lampu menyala itu ada panas. Ketika tertutup oleh debu atau lumpur maka membuat panas di mikanya tidak keluar. Memang secara watt LED lebih kecil namun terang," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Takut Motor Ditarik Debt Collector, Begini Cara Menghadapinya
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal, Begini Cara Keringkan Helm Setelah Kehujanan