Sukses

Mengenal Arti Huruf dan Angka pada Tuas Transmisi Otomatis

Liputan6.com, Jakarta - Lebih mudah dikendarai, transmisi otomatis menjadi pilihan konsumen di kota-kota besar saat ini. Meski demikian, banyak pengendara tidak memahami prinsip dasar transmisi otomatis.

Tak hanya itu, pengemudi pemula juga biasanya tidak mengetahui dengan jelas makna dan proses kerja transmisi otomatis.

Untuk menambah wawasan, berikut arti dari huruf dan angka yang biasa dijumpai pada tuas transmisi otomatis seperti dilansir Hyundai Indonesia.

Huruf P memiliki arti park atau parkir. Sesuai namanya, posisi ini digunakan saat mobil terparkir. Dengan posisi P, transmisi tidak akan bekerja dan terdapat pengaman yang mengunci agar gigi tidak aktif.

Fungsinya, menjaga mobil agar tidak bergerak selama parkir. Karena itu, saat mobil terparkir dan tuas berada di posisi P, tentu saja mobil tak akan bisa didorong.

Huruf R berasal dari kata reverse atau mundur. Posisi gigi ini jelas untuk memundurkan mobil.

Sedangkan huruf N memiliki arti neutral atau netral. Seperti menetralkan gigi pada transmisi manual, huruf N pada transisi otomatis juga menonaktifkan gigi. Gunakan posisi N ketika berhenti sambil menunggu lampu lalu lintas.

2 dari 3 halaman

Huruf D dan Angka pada Tuas Transmisi

Huruf D diambil dari kata drive dan memiliki fungsi menjalankan mobil. Karena transmisi otomatis memindahkan gigi secara otomatis, pengendara hanya perlu mengendalikan pedal rem dan gas.

Sistem akan memilih gigi yang sesuai dengan kecepatan dan sejumlah faktor lain.

Di bawah D, biasanya terdapat angka, tergantung dari jenis transmisi dan mobil. Angka tersebut memiliki fungsi merepresentasikan gigi. Mirip dengan D, hanya saja gigi akan ditahan sesuai dengan pilihan angka.

Misal, transmisi otomatis 4-speed dan posisi tuas di angka 3. Berarti gigi bakal mentok di 3 sebagai tertingginya. Sedang kalau mau pindah ke-4 harus memindahkan tuas ke D.

Angka tersebut berguna ketika melalui jalan menurun atau menanjak. Bisa juga dimanfaatkan untuk engine braking.

Selain angka, gigi rendah biasanya direpresentasikan juga dengan huruf L (low). Huruf L kerap ada di posisi paling bawah setelah 3 dan 2.

Selain dari PRNDL dan angka, pada sejumlah mobil modern, bisa juga dijumpai huruf S (sport). Sesuai namanya, posisi S bakal memberi respons sporty pada perpindahan transmisi. Posisi itu mengoptimalkan putaran mesin untuk perpindahan gigi agar bisa mendapat performa terbaik.

Dalam gearbox otomatis modern, ada juga huruf M dari kata manual. Maksudnya, pengemudi bisa memindahkan sendiri gigi meski pada transmisi otomatis, untuk mengoptimalkan performa maupun efisiensi. Biasanya huruf M ditemani dengan tanda plus (+) dan minus (-). Tanda (+) untuk menaikkan gigi, dan (-) untuk menurunkannya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Motor Warna Doff Haram Parkir Sembarangan, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Mau Pasang Air Suspension di Mobil, Wajib Perhatikan Hal Ini