Sukses

Agar Ayla Turbo Bisa Terjangkau, Ini Strategi Daihatsu

Meski mengaku sudah melakukan pengujian mesin 1000cc turbo untuk di jalan Indonesia, Daihatsu menegaskan pihaknya masih belum memiliki minat untuk menyematkannya pada mobil LCGC andalannya, Ayla.

Liputan6.com, Jakarta - Meski mengaku sudah melakukan pengujian mesin 1000cc turbo untuk di jalan Indonesia, Daihatsu menegaskan pihaknya masih belum memiliki minat untuk menyematkannya pada mobil LCGC andalannya, Ayla.

"Kita lagi studi. Tim RnD (research and development) itu lagi studi. Kita lihat pasarnya yang sudah dimulai pabrikan otomotif lain. Kita lihat laku apa enggak. Kalau kecenderungan orang terima dengan harga jual segitu, pasti ada bedanya turbo dengan yang enggak," kata Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.

Wanita yang akrab disapa Amel itu juga menegaskan, apabila komponen mesin masih harus ekspor dari Jepang, harga yang ditawarkan pasti tak lagi masuk dalam segmen LCGC.

"Kalau dibuat sendiri, satu-satuan begitu, mahal. Enggak bisa menjadi LCGC. Mesti dibuat di sini kalau di Jepang mahal. Jadi memang harus di sini agar terjangkau," ujarnya.

Saat disinggung apakah mesin turbo memiliki akan diproduksi di Indonesia agar mendapatkan harga lebih terjangkau, Amel mengaku semuanya kembali lagi pada minat pasar atau volume penjualan.

"Kalau mengambil dari sana kayaknya enggak bisa. Jadi Daihatsu Ayla Turbo saya rasa enggak. Tergantung volumenya, karena investasinya tinggi. Sekali bikin itu paling tidak Rp2 triliun," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Thor

Foto Daihatsu Thor tengah berseliweran di jalan tol Jakarta-Cikampek beberapa waktu lalu menyita perhatian. Spekulasi berkembang, jika mobil asal Jepang ini tengah dites dan bakal segera dipasarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia.

Daihatsu Thor dibuat nyaman dengan fitur fungsional. Eksterior dinamis, serta manuver yang baik menjadikan mobil ini diklaim ideal untuk keluarga muda untuk penggunaan sehari-hari. Di pasar Jepang, mobil ini tersedia pilihan X, X SAII, G, G SAII, G turbo SAII, Custom G, Custom G SAII, dan Custom G turbo SAII.

Masing-masing tipe, dipersenjatai dengan mesin 1,0 liter dan 1,0 liter turbo-charged, dengan tenaga yang setara dengan mesin 1,5 liter.Dikawinkan dengan transmisi CVT, Daihatsu Thor dibekali pilihan sistem penggerak roda 2WD dan 4WD. Konsumsi bahan bakarnya, tercatat 24,6 km/liter tanpa turbo, dan 22,0 km/liter (2WD) dan 21,8 km/liter (4WD).

Dengan mesin 1.000cc turbo ini, mobil ini mampu menghembuskan daya hingga 67 Tk dan torsi maksimum sebesar 90 Nm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.