Sukses

Menakar Harga Daihatsu Rocky Jika Masuk Indonesia

Daihatsu resmi memperkenalkan Rocky di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Hadir disegmen kompak SUV terbarunya, model ini datang dengan menggunakan platform baru, Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Liputan6.com, Jakarta - Setelah pamer diri di Tokyo Motor Show 2019, Daihatsu Rocky akhirnya benar-benar di luncurkan di Jepang, 5 November lalu. SUV ringkas ini dirancang menggunakan platform baru, Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Mengutip laman resmi Daihatsu, Rocky dipasarkan dalam empat varian, yaitu L,X, G, dan Premium, dengan pilihan sistem penggerak 2WD dan 4WD.

Khusus pasar otomotif Jepang, Daihatsu Rocky ditawarkan dengan harga 1,705 juta Yen atau setara Rp219 jutaan untuk varian terendahnya. Sedangkan varian paling tinggi, yaitu premium dibanderol 2.422.200 yen atau Rp311,4 juta.

Spekulasi yang berkembang, Daihatsu Rocky bakal diniagakan di Indonesia. Lalu berapa perkiraan harganya jika benar-benar masuk pasar nasional?

Menanggapi hal tersebut, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra menjelaskan pajak mobil dengan status CBU setara dengan harga jual mobil.

"Pajak dengan harga mobil itu hampir sama. Misalnya beli di Jepang Rp100 juta, masuk ke Indonesia Rp100 juta juga, jadi pajaknya dua kali lipat, belum lagi ditambah ongkos kirim," ujar Amel.

Meski belum ada kepastian Daihatsu akan membawa mobil barunya tersebut, Amel menegaskan apabila pihaknya menjual mobil dengan status CBU dari Jepang pasti akan sangat mahal.

"Tapi apakah kita ambil di Jepang, kita harus studi. Karena itu kita belum tahu. Kalau dari Jepang pasti harganya bisa mahal sekali," tuturnya.

 

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikai Mesin

Daihatsu Rocky yang diniagakan di Negeri Sakura dibekali mesin berkapasitas 996cc dengan konfigurasi tiga silinder 12 katup intecooler turbo berpendingin cairan.

Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 98 Tk dan torsi 140 Nm dengan rentang 2.400-4.000 rpm.

Jika melihat ke belakang, Rocky bukanlah nama yang asing di pasar otomotif Indonesia.

Pasalnya, PT Astra Daihatsu Indonesia sempat memasarkan Rocky yang tak lain nama varian dari Daihatsu Taft. Mobil berwujud jip ini dikenal tangguh di segala medan termasuk off-road.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.