Sukses

Ini Waktu yang Tepat Ganti Fast Moving Part pada Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Setiap mobil memiliki ribuan komponen ringan dan berat agar bisa bekerja maksimal. Karena itu, perawatan dan servis secara rutin harus selalu dilakukan. Terkait pergantian komponen, terdapat fast moving serta slow moving atau komponen yang pergantiannya lebih cepat hingga yang jangka waktu lama.

Fokus kali ini, komponen fast moving pada mobil yang akan dibahas. Lantas, bagaimana cara mengetahui dan mengecek kondisinya?

Pada umumnya, suku cadang fast moving akan diganti mengikuti jadwal perawatan periodik dari mobil di bengkel resmi. Misal, setiap 10.000 atau 20.000 kilometer ada komponen yang harus diganti. Contohnya, kampas rem, filter udara, filter oli, hingga busi.

Terkait pergantian komponen, montir akan mengetahuinya saat pemilik kendaraan melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Sebab, setiap bengkel memiliki patokan tersendiri ketika ingin mengganti komponen fast moving.

Tidak semua komponen fast moving diganti dalam waktu bersamaan. Misalnya, filter oli mobil setiap 10.000 km, sedangkan filter udara setiap kelipatan 20.000 km seperti dilansir Hyundai Indonesia, Minggu (27/10/2019).

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Perawatan di Bengkel Resmi

Untuk mengetahui kondisi suku cadang, pemilik kendaraan tentu harus melakukan perawatan atau servis berkala di bengkel resmi. Jangan sampai performa kendaraan menurun sehingga menimbulkan kerusakaan pada komponen lainnya.

Selain mobil menjadi lebih sehat, pemilk juga akan merasa lebih aman dan nyaman saat kendaraan digunakan untuk menunjang aktifitas sehari-hari.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Takut Motor Ditarik Debt Collector, Begini Cara Menghadapinya
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal, Begini Cara Keringkan Helm Setelah Kehujanan