Sukses

Perhatikan Lima Hal Ini Saat Mengendarai Mobil Matik

Mobil dengan transmisi matik menjadi pilihan dan banyak diminati karena dinilai lebih mudah dikendarai dibandingkan transmisi manual. Pengemudi tidak mudah lelah saat harus berkendara di tengah kemacetan, lantaran hanya tinggal gas dan rem saja.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dengan transmisi matik menjadi pilihan dan banyak diminati karena dinilai lebih mudah dikendarai dibandingkan transmisi manual.Pengemudi tidak mudah lelah saat harus berkendara di tengah kemacetan, lantaran hanya tinggal gas dan rem saja.

Meski terdengar lebih mudah, nyatanya mengemudikan mobil matik tetap membutuhkan latihan. Berikut terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan saat mengemudikan mobil dengan transmisi matik.

1. Fokus

Salah satu hal utama yang harus diperhatikan ketika berkendara ialah fokus. Selalu perhatikan kondisi jalan dan waspada.

Jauhkan diri dari ponsel atau barang-barang yang mengalihkan perhatian. Gunakan spion mobil untuk melihat keadaan sekeliling saat mengemudi.

2. Memahami Posisi dan Urutan Tuas Transmisi

Mobil matik sangat bergantung pada transmisi. Untuk mengemudi lebih lancar, wajib memahami urutan dan fungsi tuas transmisi.

Umumnya mobil matik memiliki kombinasi transmisi P-R-N-D-2-L atau P-R-N-D-M(+/-). Setiap simbol dari kombinasi memiliki arti yang berbeda dan digunakan dalam situasi yang berbeda.

3. Memahami Cara Kerja Tuas Transmisi

Seperti yang telah diketahui, masing-masing kombinasi transmisi memiliki cara kerja berbeda. saat memanaskan mobil, pastikan tuas transmisi berada di huruf P (parking) agar tidak bergerak.

Saat mengemudi di tengah kota dengan jalan lengang, posisikan tuas transmisi di huruf D atau drive. Lalu, saat yang tepat untuk memindahkan tuas transmisi ke huruf N atau neutral adalah posisi mobil diam di jalan macet atau berhenti di lampu merah.

Yang terakhir ialah memposisikan tuas L atau 2 jika medan jalanan yang ditemui berupa tanjakan.

Terdapat beberapa hal yang perlu diingat dalam mengemudikan mobil bertransmisi matik, salah satunya membiasakan menginjak pedal rem sebelum memindahkan tuas transmisi ke D.

Hal tersebut dilakukan, agar mobil tidak melaju sendiri. Jangan menginjak pedal rem dan gas secara bersamaan, karena dapat merusak transmisi mobil matik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Terus Berlatih

Untuk pengemudi pemula, jangan pernah merasa puas dengan kemampuan yang sudah dimiliki. Teruslah berlatih di berbagai medan, seperti tanjakan, tikungan, dan turunan untuk lebih memahami sistem kerja transmisi mobil matik.

5. Jangan Mudah Panik

Ketika mengemudikan mobil matik, ada kalanya melakukan kesalahan seperti, menginjak rem dan gas secara bersamaan. Meski demikian, langkah yang perlu dilakukan ialah tidak panik dan tetap tenang.

Cobalah untuk tarik nafas dalam-dalam dan mulailah mengemudikan mobil secara teratur. Mengemudikan mobil matik memang lebih mudah dibandingkan mobil bertransmisi manual, namun latihan tetap diperlukan agar perjalanan terasa lebih aman dan menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini