Sukses

Jangan Sembarang, Begini Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil, merawat kendaraan kesayangan adalah hal yang wajib. Hal tersebut, agar roda empat tetap prima dan tidak cepat rusak yang akhirnya merepotkan si empunya, apalagi jika tengah digunakan berpergian dengan jarak yang cukup jauh.

Berikut, tips merawat mobil yang baik dan benar seperti disitat laman resmi Auto2000:

1) Memanaskan Mesin Sebelum Digunakan

Memanaskan mesin bertujuan agar oli dapat mengalir secara optimal sampai ke komponen-komponen terkecil pada jantung penggerak kendaraan. Memanaskan mobil ini, sebaiknya dilakukan sekitar 5 sampai 10 menit, sebelum akhirnya digunakan beraktivitas.

2) Mengganti Oli Mesin Secara Rutin

Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin agar gesekan pada komponen-komponen di dalam mesin menjadi halus dan tidak bertabrakan. Akan tetapi, oli tersebut perlu diganti secara rutin setelah beberapa bulan pemakaian, agar mesin mobil lebih awet dan tahan lama.

Hindari pemakaian oli kelas bawah alias murahan, karena oli jenis ini malah akan memperpendek umur mesin mobil. Lebih baik, gunakan oli mesin yang benar-benar berkualitas dan telah teruji. Meskipun harganya mahal, tapi oli mesin yang berkualitas dipercaya dapat membuat mesin lebih awet dan tahan lama.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 3 halaman

3) Mengganti Komponen Lain

Mobil memiliki banyak komponen, seperti sistem bahan bakar, oli mesin, timing belt, oli roda gigi, minyak rem, dan masih banyak lagi. Komponen ini juga perlu mendapat perhatian khusus, yaitu dengan mengganti setiap komponen secara rutin, misalnya satu kali setahun.

Satu komponen yang mungkin akan sedikit merepotkan, yaitu baterai atau aki. Baterai mobil terbagi atas dua jenis yaitu baterai basah dan kering. Sistem kerja kedua baterai ini sedikit berbeda. Baterai basah lebih teliti dibandingkan baterai kering. Tapi dalam hal perawatan, merawat baterai kering jauh lebih mudah dibandingkan baterai basah.

4) Membersihkan Filter Udara

Merawat filter udara pada AC mobil juga sangat perlu, agar kotoran tidak tertimbun di bagian filter sehingga sirkulasi udara dari ac mobil akan lancar. Selain itu dengan AC yang prima, kabin mobil pun terasa dingin dan sejuk, serta nyaman.

Penggumpalan kotoran pada filter udara dapat merusak komponen lainnya di dalam ac mobil. Selain itu, performa mobil juga lambat laun akan berkurang yang pada akhirnya dapat berdampak langsung ke bagian mesin mobil itu sendiri.

 

3 dari 3 halaman

5) Mengecat Mobil Bila Sudah Pudar

Mobil yang sudah digunakan selama bertahun-tahun, pasti catnya akan pudar dengan sendirinya. Itulah sebabnya kenapa perlu namanya pengecetan ulang, agar mobil tetap tampil stylish dan elegan walaupun sudah berumur.

Selain mengecat mobil, Anda juga harus rajin membersihkan bagian eksterior mobil terutama bodi mobil agar warna catnya awet dan tahan lama.

Loading
Artikel Selanjutnya
Musim Hujan, Jangan Lupa Rawat Helm Agar Tidak Bau Apek
Artikel Selanjutnya
Jangan Hanya Dipakai Saja, Begini Cara Mudah Merawat Mobil Kesayangan