Sukses

BJ Habibie Pernah Menginisiasi Mobil Nasional, Namanya Maleo

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. Presiden ke-3 Republik Indonesia ini meninggal dalam usia 83 tahun. Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB, Rabu 11 September 2019. Kabar tersebut disampaikan Thareq Habibie. 

Seperti diketahui, BJ Habibie merupakan sosok yang berkontribusi besar terhadap dunia penerbangan Tanah Air. Tak hanya di dalam negeri, BJ Habibie ini juga diakui kecerdasannya di skala internasional.

Selain itu, saat masih menjabat sebagai Menristek di era Presiden Soeharto, BJ Habibie menginisiasi mobil nasional Maleo. Maleo menggendong mesin 1.200 cc tiga silinder yang merupakan mesin baru hasil kerja sama dengan Orbital, perusahaan otomotif asal Australia. Saat itu, komponen lokal Maleo direncanakan di atas 80 persen.

Sayang, dana proyek yang diinisiasi oleh BJ Habibie ini kemudian tersedot untuk proyek mobil nasional lainnya. Proyek Maleo pun gagal sebelum diproduksi massal.

 

2 dari 3 halaman

Koleksi Mobil BJ Habibie

Kecintaan BJ Habibie pada dunia transportasi ternyata tidak hanya berhenti pada pesawat terbang. Ia juga jatuh cinta pada beragam kendaraan roda dua dan empat terutama yang termasuk seri lawas atau klasik.

Di rumahnya, BJ Habibie memiliki garasi yang cukup luas dan nampak seperti tempat parkir yang berada di pusat perbelanjaan. Garasi ini dipenuhi dengan puluhan kendaraan klasik baik roda dua maupun roda empat.

Untuk tunggangan roda empat, BJ Habibie sangat menyukai pabrikan ternama asal Jerman yaitu Mercedes-Benz. Dari mobil-mobil yang dimilikinya, sebagian besar adalah Mercy seri klasik.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Mercedes Benz 300SL Gullwing. Mobil yang diproduksi antara 1954 hingga 1957 memiliki pintu yang dibuka secara vertikal dan merupakan seri sport pertama Mercedes dengan pintu gullwing.

Sebagai sports car klasik, mobil ini memiliki performa yang mumpuni. Memiliki mesin enam silinder dengan transimisi empat percepatan, Mercy 300SL Gullwing mampu memuntahkan 215 Tk dan dapat mencapai kecepatan maksimum 260 km/jam

Untuk akselerasi, mobil ini dapat mencapai kecepatan 100km/jam dalam hitungan 7.4 detik.

Tak hanya kendaraan lawas, BJ Habibie juga memiliki keluaran baru dari pabrikan berlogo bintang segitiga ini.

Salah satunya adalah Mercedes-Benz S600. Mobil yang dikeluarkan pada 2014 ini memiliki harga sekira Rp 6 miliar. 

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
PWI Menganugerahi BJ Habibie Tokoh Kemerdekaan Pers 
Artikel Selanjutnya
Borneo FC Gandeng Cucu BJ Habibie Hingga Akhir Musim 2019