Sukses

Membandingkan 2 Calon Mobil Kepresidenan Joko Widodo

Mobil dinas kepresidenan Joko Widodo bakal segera dilakukan peremajaan

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dinas kepresidenan Joko Widodo bakal segera dilakukan peremajaan. Pasalnya, pria yang akrab disapa Jokowi ini masih menggunakan  Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, yang sejatinya sudah digunakan di era presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dua jenama asal Eropa, Mercedes-Benz dan BMW siap untuk mengajukan model terbaiknya untuk digunakan presiden.

BMW bakal menawarkan seri-7 Security Vehicle F02. Sedangkan Mercy, model yang ditawarkan memang masih dirahasiakan, namun tetap berasal dari seri S-Class.

Sebagai perbandingan, dilansir dari Merdeka.com, Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard atau dikenal Mercy S600 Guard memiliki banyak ketangguhan. Seperti kaca mobil yang tebal dan tenaga tambahan untuk power window, demi mengantisipasi serangan langsung melalui jendela. Kaca itu sendiri dilapisi polikarbonat supaya tahan terhadap peluru dan ledakan.

Rodanya menggunakan ban Michelin PAX yang bisa tetap digunakan walau dalam kondisi kempis. Sektor roda pun dibekali sistem monitor untuk menjaga tekanan udaranya.

Selain punya alarm untuk kondisi panik, ada pula sistem pereda kebakaran yang bekerja secara otomatis, dan sistem penjernih udara (untuk mengantisipasi serangan senjata gas).

Untuk berlari, S600 Guard yang masih digunakan Joko Widodo menggunakan mesin 6.000cc berkonfigurasi V12 dengan turbo ganda. Tenaga mesin diklaim mencapai 523 Tk.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BMW Seri 7 Security Vehicle F02

BMW seri-7 Security Vehicle F02 juga memiliki berbagai ketangguhan. BMW Seri-7 F02 diproduksi sejak 2008. Dari segi keamanan, F02 memiliki sertifikat keamanan BRV 2009 dan VR&. Jadi mobil ini bisa menahan ancaman dari segala tembakan dan senjata.

Untuk masalah mesin, F02 dibekali dengan tiga kapasitas mesin besar, yakni V12 6.0 liter, V8 berkapasitas 4,4 liter dan I6 berkapasitas 3,0 liter. Seluruh jenis mesin dilengkapi dengan transmisi matik 6 dan 8 percepatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.