Sukses

Mengendarai Sepeda Motor Wajib Perhatikan Hal Sederhana Ini

Sepeda motor menjadi alat transportasi utama yang digunakan masyarakat Tanah Air untuk menunjang aktivitas. Selain lebih ekonomis, sepeda motor juga lebih menghemat waktu saat berada di tengah kemacetan.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, sepeda motor menjadi alat transportasi utama yang digunakan masyarakat Tanah Air untuk menunjang aktivitas. Selain lebih ekonomis, sepeda motor juga lebih menghemat waktu saat berada di tengah kemacetan.

Meski demikian ada beberapa hal yang harus selalu diperhatikan pengendara ketika mengendarai motor di jalan raya. Hal itu berkaitan erat dengan keselamatan dan keamanan.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berkendara dengan sepeda motor sepertu dilansir Federal Oil, Minggu (7/7/2019).

Cek Sepeda Motor Sebelum Berkendara

Sebelum berkendara, pemilik kendaraan sebaiknya selalu melakukan pengecekan terhadap motor yang digunakan. Mulai dari tekanan angin ban, kelistrikan dan pengereman.

Hal ini dilakukan untuk memastikan motor dalam kondisi baik dan tak ada kerusakan ketika digunakan di jalan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Helm

Selalu gunakan helm dengan baik dan benar. Hal ini berkaitan dengan kecelakaan yang mungkin saja terjadi saat berkendara.

Gunakan helm yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), ukuran pas dan nyaman digunakan.

Patuhi Aturan Lalu Lintas

Jangan karena alasan terburu-buru, pengendara melanggar peraturan lalu lintas. Hal ini berkaitan erat dengan terjadinya kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Gunakan Perlengkapan Berkendara

Untuk menghidari terjadinya luka pada tubuh, sebaiknya pengendara selalu menggunakan perlengkapan riding yang tepat.

Adapun perlengkapan riding yang harus digunakan saat berkendara ialah jaket, sarung tangan, sepatu, celana panjang dan helm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.