Sukses

Ini Risiko Motor dengan Kondisi Aki yang Lemah

Liputan6.com, Jakarta - Pada sepeda motor karburator, aki menjadi salah satu komponen penting karena fungsinya menyediakan listrik. Meski demikan, beberapa pemilik sepeda motor malas mengganti aki yang rusak atau sudah tak berfungsi dengan baik.

Beberapa efek negatif ternyata bisa ditimbulkan bila aki pada motor sudah tidak berfungsi seperti dilansir Suzuki, (24/6/2019).

Sulit Menghidupkan Mesin

Untuk menghidupkan sepeda motor, pengendara hanya harus menekan tombol start yang terdapat pada stang. Tetapi ingat, sistem elektrik starter ini memakai tenaga listrik dan yang menyediakan listrik ketika mesin mati hanya aki.

Ini artinya ketika motor tidak memakai aki, maka kita tidak bisa memakai fitur electric starter.

 

2 dari 2 halaman

Lampu Sein Tidak Berkedip

Anda mungkin sering melihat motor yang lampu seinnya berkedip sangat cepat atau bahkan tidak berkedip sama sekali (nyala terus menerus).

Itu ternyata bukan masalah pada lampu sein, tapi karena tegangan listrik yang kurang sehingga flasher yang tugasnya mengedipkan menjadi tidak maksimal.

Alasan tegangan kelistrikan bisa berkurang ialah RPM pada mesin rendah, sehingga tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul juga rendah. Jika motor memiliki aki, hal ini bisa diantisipasi.

Jika aki pada motor tidak berfungsi dengan baik atau habis maka lampu sein akan nyala terus tanpa memiliki kedipan.

Lampu Motor Redup Saat RPM Mesin Rendah

Seperti efek negatif di poin sebelumnya, jika mesin dalam kondisi idle atau langsam maka RPM mesin cuma sekitar 1.000 RPM.

Dalam kondisi ini, listrik yang dihasilkan oleh spul terbilang sangat terbatas, sehingga tak kuat melayani beban kelistrikan motor dari sistem pengapian sampai penerangan (lampu).

Hal ini berakibat pada lampu motor yang redup dan lampu hanya akan terang jika berjalan dengan kecepatan sedang atau tinggi.

Melihat efek negatif apabila fungsi aki tidak optimal, sebaiknya perhatikan aki yang terpasang di sepeda motor kesayangan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Tetap Tenang, 5 Tips Ini Meminimalisasi Risiko Ban Mobil Pecah
Artikel Selanjutnya
Cara Perawatan Motor Bebek Agar Performanya Tetap Prima