Sukses

Begini Cara Mengatasi Bodi Motor yang Kusam

Liputan6.com, Jakarta - Bodi sepeda motor yang setiap terkena sinar matahari, air hujan, dan debu warnanya pasti akan kusam. Sebagai pemilik kendaraan, pastinya tidak akan nyaman melihat kondisi warna motor yang tak kinclong lagi, seperti saat dibeli pertama kali dari dealer.

Namun jangan diam saja, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kilap bodi motor.

Berikut, cara mengembalikan kilap cat bodi motor seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1. Gunakan Kompon dan Poles

Jika tidak mau keluar banyak biaya, Anda bisa melakukan perawatan sendiri dengan kompon dan cairan poles yang bisa dibeli dengan mudah di swalayan. Kompon yang bentuknya menyerupai gel, bisa digunakan untuk menghilangkan goresan halus.

Tapi ingat, prosesnya tidak instan. pemilik sepeda motor harus menggosok bodi dengan kompon beberapa kali untuk bisa menghilangkan goresan halus tersebut.

Caranya, cukup oleskan kompon di bodi motor kemudian gosok dengan kain lembut dengan gerakan memutar.

Satu hal yang perlu dicatat, jangan memakai kompon terlalu banyak supaya cat tidak terkelupas. Setelah goresan halus hilang, gunakan gel atau cairan poles untuk mengembalikan kilap bodi motor.

Supaya tidak tercampur oleh debu atau kotoran yang bisa menyebabkan goresan saat bodi digosok cairan poles, sebaiknya poles dipakai setelah motor dicuci.

2 dari 2 halaman

2. Memakai Jasa Detailing Motor

Cara mengkilapkan bodi motor yang satu ini untuk Anda yang memiliki cukup biaya. Workshop detailing akan membersihkan seluruh bagian motor, mulai dari bodi, blok mesin sampai kaki-kaki.

Mereka akan memakai cairan-cairan khusus yang bisa menghilangkan goresan dan membuat komponen motor kembali terlihat mengkilap atau kinclong.

3. Mengecat Ulang

Jika keadaan bodi motor sudah sangat parah, mengecat ulang atau membeli bodi baru, tentunya yang orisinal, adalah cara yang paling efektif untuk mengembalikan kilap bodi motor.

Walaupun memang, cara yang satu ini memang membutuhkan biaya lebih mahal.

Loading
Artikel Selanjutnya
Motor Mogok Setelah Dicuci, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Artikel Selanjutnya
Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem dan Cara Mencegahnya