Sukses

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Motor Ditinggal Mudik

Menjelang hari raya Idul Fitri warga pendatang biasanya akan melakukan tradisi mudik atau pulang kampung halaman. Waktu mudik lebaran yang mencapai 7 hari atau lebih membuat kendaraan yang ditinggal harus dipersiapkan dengan benar.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri warga pendatang biasanya akan melakukan tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman. Waktu mudik lebaran yang mencapai 7 hari bahkan lebih membuat kendaraan yang ditinggal harus dipersiapkan dengan benar.

Salah satu kendaraan yang banyak ditinggal pemudik ialah sepeda motor. Hal ini berkaitan erat dengan imbauan Pemerintah untuk mencari alternatif kendaraan lain saat mudik.

Bila Anda akan meninggalkan sepeda motor saat mudik, ada enam hal penting yang harus diperhatikan seperti dilansir Federal Oil.

1.Cuci Motor

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya motor dicuci bersih terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah motor tidak korosi akibat kotoran yang menempel pada bodi atau rangka motor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Perhatikan Bahan Bakar

Karena motor akan ditinggalkan dalam waktu cukup lama, sebaiknya isi penuh bahan bakar atau kosongkan dengan mengurasnya.

Tujuan hal ini dilakukan ialah untuk menghindari karat karena proses penguapan ketika motor ditinggal lama.

3. Lepas Kabel Aki

Jika motor akan ditinggal dalam waktu yang lama, cabut kabel yang terhubung dengan aki, agar tidak ada arus listrik yang terbuang sia-sia. Setelah itu simpan aki di tempat yang aman.

4. Simpan Motor di Dalam Rumah

Jika rumah dalam kondisi kosong, sebaiknya simpan motor di dalam rumah, pastikan ruang penyimpanan bersih.

 

3 dari 3 halaman

5. Gunakan Penyangga Tengah

Saat motor ditinggal mudik, sebaiknya gunakan standar atau penyangga tengah. Beri alas pada bagian ban yang menempel langsung pada lantai, agar tekanan angin tidak cepat berkurang atau mudah kempis.

6. Kunci Stang dan Kunci Tambahan

Untuk menghindari tindak kejahatan, sebaiknya saat motor ditinggalkan, kunci stang dan pakai kunci tambahan. Jangan lupa berikan penutup untuk motor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini