Sukses

7 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Lebaran

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat Tanah Air akan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama sanak keluarga. Biasanya, kendaraan bermotor menjadi pilihan favorit.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat Tanah Air akan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama sanak keluarga. Dinilai lebih murah dari sisi anggaran, beberapa masyarakat memilih menggunakan mobil pribadi sebagai transportasi mudik.

Bagi Anda yang memilih menggunakan mobil, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Hal ini untuk mencegah mobil secara tiba-tiba rusak atau mogok di jalan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Ikhsan Utama, drifter Team Achilles akan membagikan tujuh tips agar perjalanan mudik lebih aman dan nyaman.

1.Cek Mesin

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan memeriksa kondisi mesin ke bengkel. Jika perlu, lakukan servis tune-up serta ganti oli mesin agar mesin berada pada kondisi prima dan dapat bekerja secara maksimal selama perjalanan mudik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Cek Air Radiator

Ingat untuk memeriksa tinggi air radiator. Jika tinggi radiator sudah mendekati batas minimun, isi air radiator hingga batas maksimal.

Hal ini penting, karena radiator dapat mendinginkan mesin dengan maksimal. Terlebih perjalanan mudik pasti akan menghadapi macet, sehingga mesin mobil akan mudah panas.

3. Cek Rem dan Kaki-Kaki

Mendeteksi kondisi rem dapat dicermati ketika kendaraan melaju. Jika laju kendaraan terasa seperti terhambat atau kecepatan kendaraan turun secara drastis, pemilik harus segera memeriksa kondisi rem.

Sebab jika dibiarkan terhambat atau bergesekan terlalu lama akan menyebabkan rem blong atau tidak berfungsi. Selain itu, periksa juga kondisi suspensi. Karena komponen ini yang sangat menentukan kenyamanan berkendara sepanjang perjalanan.

4. Cek Ban

Pengecekan ban bersifat wajib bagi pemilik kendaraan yang hendak melakukan perjalanan jauh. Pengecekan meliputi tekanan angin, ban cadangan, serta kondisi kebotakan ban. Jika memaksakan ban yang sudah tipis saat mudik, resiko ban pecah saat mobil sedang melaju cukup tinggi.

 

3 dari 3 halaman

5. Cek Lampu

Periksa apakah seluruh lampu di mobil berfungsi dengan baik . Lampu yang perlu diperiksa adalah lampu utama, lampu jauh, lampu kabut, lampu rem dan lampu sein.

Selain berfungsi untuk membantu pengelihatan saat berkendara di malam hari, lampu-lampu tersebut juga berdampak pada keamanan berkendara.

6. Cek Wiper

Dalam kondisi terawat, karet wiper akan berfungsi secara optimal. Hal ini sangat membantu saat berkendara pada kondisi hujan deras. Karet yang sudah getas akan menyebabkan kaca buram dan garis-garis saat digunakan.

7. Cek STNK

Hal yang terakhir, jangan lupa untuk memeriksa surat-surat mobil. Pastikan STNK dan pajak mobil dalam keadaan hidup. Hal ini untuk mengantisipasi jika terkena razia atau diberhentikan oleh pihak berwenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.