Sukses

Knalpot Motor Meledak-ledak, Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik kendaraan yang gemar melakukan modifikasi sering kali mengalami masalah knalpot meledak-ledak. Bila selama ini menduga bahan bakar yang digunakan merupakan masalah utama, nampaknya Anda harus berpikir ulang.

Seperti dilansir Wahana Honda, ada beberapa sumber masalah yang jarang diketahui terkait knalpot meledak-ledak. Parahnya, terdapat juga efek buruk yang bisa terjadi pasca ledakan di motormu.

Motor bisa saja secara tiba-tiba kehilangan daya serta energi dan langsung mati. Oleh karenanya, pemilik kendaraan seharusnya tahu apa penyebab knalpot motor meledak, berikut ulasannya.

1. Lupa Tutup Choke

Ini merupakan masalah paling sepele yang mungkin saja terjadi. Knalpot motor mungkin saja meledak karena lupa menutup choke. Lupa menutup choke bisa membuat proporsi yang dibutuhkan oleh ruang bakar berlebihan. Ketika ruang bakar kebanjiran bahan bakar, bisa jadi knalpot meledak-ledak di tengah jalan.

 

2 dari 3 halaman

Masalah Busi

2. Masalah Busi

Busi adalah salah satu part penting untuk menyulut api di ruang bakar. Kualitas energi yang dihasilkan tentu bergantung pada komponen mungil ini. Ketika busi bermasalah, maka percikan api yang dihasilkan akan kurang maksimal.

Hal demikian akan menjadikan pembakaran sedikit lebih prematur dan memicu ledakan pada knalpot. Parahnya, ledakan karena busi bisa membuat motor mati seketika. Karena itu sebaiknya pemilik kendaraan lebih rajin melakukan pemeriksaan dan membersihkan busi.

3. Saluran Udara ke Mesin

Disinilah udara mempunyai peran penting pada pembakaran motor. Tentunya karburator memiliki sistem akurat untuk mengatur porsi udara dan bahan bakar pada motor. Namun terkadang ada saja masalah yang membuat udara tidak tersuplai dengan baik ke ruang bakar.

Hal ini bisa dideteksi dari ledakan knalpot pada RPM rendah pasca digunakan. Jika ada ledakan, sudah jelas penyebabnya adalah kurangnya udara di ruang bakar.

 

3 dari 3 halaman

Karburator Minta Ganti

4. Komponen Karburator Minta Ganti

Karburator jenis vakum mempunyai sistem aliran bahan bakar yang sangat baik. Oleh karena itu, karburator jenis ini banyak digunakan pada motor non injeksi.

Aliran bahan bakar di karburator jenis ini sangat bergantung pada kemampuan buka tutup klep yang berbahan dasar karet. Meski demikian, lama kelamaan komponen ini juga akan mengeras ketika bersentuhan dengan bahan bakar. Hal ini membuat motor menjadi brebet dan bikin knalpot mledak saat tuas gas kembalikan pada posisi awal.

5. Knalpot Bocor

Apabila knalpot bocor, pasti terdapat suara berisik. Biasanya ledakan karena knalpot bocor terjadi saat tuas gas ditarik kencang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Gampang Vespa Adopsi Gaya Racing
Artikel Selanjutnya
Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Tebal, Coba Cek Bagian Ini