Sukses

Agar Tidak Overheat, Begini Cara Merawat Radiator Sebelum Berangkat Mudik

Bagi pemilik mobil yang hendak menggunakan untuk mudik ke kampung halaman, jangan sampai tidak memperhatikan kondisi radiator

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil yang hendak menggunakan untuk mudik ke kampung halaman, jangan sampai tidak memperhatikan kondisi radiator. Pasalnya, komponen ini, memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu menjaga agar kinerja mesin tetap normal, dan tidak overheat.

Salah satu musuh utama mesin, adalah temperatur yang terlalu tinggi (overheat), karena itu diperlukan cairan untuk menjaga mesin agar tidak terlampau panas. Jika mesin sampai panas, bisa-bisa membuat mesin mogok.

Melansir laman resmi Auto2000, radiator merupakan bagian dari sistem penjaga temperatur mesin. komponen ini, bertugas melepas panas setelah air pendingin melewati water jacket, lewat embusan angin dan ditambah bantuan kipas.

Alasan ini yang membuat fungsinya begitu penting, sehingga perlu adanya perawatan yang dilakukan pemilik mobil.

Dijelaskan Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, caranya cukup mudah dan bisa dilakukan seorang diri. Radiator itu, paling utama kata Sapta harus dikuras dan diganti air di dalamnya setiap kelipatan 80.000 km.

"Secara fungsi untuk membersihkan kerak-kerak yang ada di dalam radiator itu sendiri, karena jika dibiarkan terlalu lama bisa timbul kerak,” ujar Sapta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Kondisi Air

Menurut dia, bisa juga mengecek kondisi air yang ada di dalam radiator. Usahakan juga selalu diganti setiap kelipatan 80.000 km.

Tentunya juga harus menggunakan cairan coolant, karena air tersebut dirancang untuk menjaga suhu dan menahan korosi sehingga saluran radiator hingga water jacket di dalam mesin bisa bekerja dengan baik.

"Bisa juga dicek kondisi radiator, apakah terdapat kebocoran pada permukaannya atau tidak. Jika ada yang bocor maka sebaiknya juga langsung dibawa ke bengkel resmi untuk dicek lebih lanjut," pungkasnya.

Cairan coolant sendiri, kata Sapta yang masih bagus tetap berwarna merah cerah. Jika sudah terlihat menguning, maka sebaiknya diganti dengan yang baru agar kinerjanya tetap optimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini