Sukses

Wajib Tahu, Ini Keunggulan Motor Injeksi Dibanding Karburator

Sebagian besar sepeda motor yang dijual saat ini telah menggunakan teknologi injeksi. Hal itu tak terlepas dari keunggulan yang diberikan dibandingkan dengan sistem karburator. Salah satu yang paling populer, lebih mudah dari sisi perawatan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar sepeda motor yang dijual saat ini telah menggunakan teknologi injeksi. Hal itu tak terlepas dari keunggulan yang diberikan dibandingkan dengan sistem karburator. Salah satu yang paling populer, lebih mudah dari sisi perawatan.

Bila anda telah menggunakan sepeda motor injeksi, terdapat beberapa kelebihan dari teknologi injeksi yang wajib diketahui. Berikut ulasannya seperti dilansir Federal Oil, Jumat (17/05/2019).

1. Pembakaran Menjadi Lebih Sempurna

Dengan perbandingan AFR (air fuel ratio) yang lebih baik dan dikontrol oleh perangkat elektronik, maka motor yang menggunakan teknologi injeksi akan menghasilkan pembakaran yang jauh lebih baik dibandingkan sistem karburator. 

Hal ini disebabkan, AFR yang dihasilkan sudah sesuai dengan kebutuhan motor, dan dapat berubah ketika suhu udara sekitar naik atau turun. Berkat adanya sensor udara yang akan menganalisa suhu dan kondisi udara percampuran dengan bahan bakar dinilai lebih sempurna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Konsumsi BBM Lebih Irit

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, motor yang menggunakan teknologi injeksi memiliki pembakaran yang lebih sempurna. 

Pembakaran yang lebih sempurna ini akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Karena pembakaran lebih sempurna, maka proses pembakaran pun akan menjadi lebih optimal. Pembakaran optimal ini juga akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan.

Selain itu, injector biasanya memiliki setelan program yang sesuai dengan standar pabrik.  Pabrik juga akan menyetel ECM pada motor sehingga konsumsi bahan bakar yang paling optimal bagi motor dapat dicapai.

3. Tidak Repot Melakukan Penyetelan

Apabila sistem pembakaran masih menggunakan sistem karburator, maka sering terjadi perubahan setelan AFR. Biasanya, perubahan setelan ini diakibatkan oleh getaran – getaran yang dihasilkan mesin, atau kualitas karburator yang semakin menurun.

Hal ini tidak akan terjadi pada sistem pembakaran motor injeksi. Pengolahan AFR yang terjadi pada motor injeksi dikontrol dan diperintahkan oleh sistem komputer yang bernama Electronic Control Module. 

Electronic Control Module atau ECM ini sudah memiliki setelan dan konfigurasi yang fix, sehingga dapat diubah apabila menggunakan software dan komputer. Hal ini dapat mengurangi kerepotan pemotor dalam menghadapi setelan konfigurasi karbutor yang sering berubah – ubah.

 

3 dari 3 halaman

4. Tidak Susah Diservis

Apa saja hal yang perlu dilakukan ketika melakukan servis rutin pada motor? Pasti salah satunya membersihkan karburator dengan membongkarnya.

Apabila motor menggunakan sistem injeksi, pemotor dapat melewati hal ini. Cukup menyemprotkan injector cleaner ke dalam lubang busi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini