Sukses

4 Alat Tambahan Ini Bisa Bikin Repot Maling Motor

Liputan6.com, Jakarta - Jelang lebaran, tidak hanya penjualan kendaraan yang meningkat tapi juga aksi pencurian mobil atau motor.

Pasalnya, dengan banyaknya kebutuhan untuk hari Idul Fitri, membuat sebagian orang nekat melakukan aksi pencurian mobil atau motor, bahkan dilakukan siang atau sore hari.

Seperti kejadian yang tengah viral, dan diposting oleh akun @infokomando di instagram. Terlihat, dua orang yang nekat melakukan aksi pencurian di sebuah rumah.

Aksi yang terekam kamera pengawas CCTV ini memperlihatkan bagaimana satu orang membuka pagar dan mengambil satu unit Honda BeAT, sedangkan temannya mengawasi keadaan di sekitar.

 
 
 
View this post on Instagram

Kalau tahu siapa orang bisa tag ig- si Maling . . KOMPLOTAN PENCURI MOTOR TEREKAM CCTV Aksi pencurian kendaraan bermotor kembali marak terjadi.Kali ini komplotan Curanmor yang berjumlah dua orang terekam kamera pengawas saat beraksi mencuri satu unit sepeda motor yang berada di dalam rumah di kawasan Kemanggisan Ilir V, Kemanggisan Palmerah ,Jakarta Barat,Senin(13/5/19) pagi kemarin. . Dari rekaman kamera cctv sebelumnya kedua pelaku datang dengan berboncengan mengunakan sepeda motor lalu mengamat amati situasi lingkungan dan setelah mereka rasa aman,satu pelaku langsung membuka pagar layaknya penghuni rumah tersebut dan satu pelaku menunggu diatas motor sambil mengamati situasi. . Hanya itungan detik setelah pelaku berhasil membawa kabur motor Honda Beat bernomor polisi B 4225 BPE ,warna merah putih. Kasus pencurian motor inipun sudah dilaporkan kekantor polisi terdekat. . Dihimbau kepada kita semua untuk lebih waspada dan jika melihat kedua pelaku atau motor dengan ciri ciri seperti di rekaman video tersebut silakan melaporkan kekantor polisi terdekat atau dm @mellisainnezs Vid from : M ilyas Repost : @warung_jurnalis #pencuri #maling #curanmor #kemanggisan #palmerah #jakbar #warungjurnalis

A post shared by Info Komando 🔴 (@infokomando) on

2 dari 4 halaman

Langkah Antisipasi

Dari kejadian tersebut, sebagai pemilik sepeda motor sebaiknya memasang alat tambahan pengamanan menjadi pilihan yang cukup tepat. Setidaknya, dengan alat tambahan tersebut, bisa mempersempit ruang gerak para pencuri sepeda motor tersebut.

Berikut, beberapa alat tambahan untuk meminimalisir aksi pencurian:

1. Gembok Motor

Menambahkan alat pengaman lainnya juga dapat mempersulit pencuri untuk membawa motor yang dinginkan. Tambahan pengaman pada motor berupa gembok yang dipasang pada lubang cakram depan.

2. Pasang Stiker Tanda Pengenal dan Alarm

Stiker tanda pengenal khas mampu membantu pemilik mengenali motor kesayangan. Tak lupa tambahkan sistem alarm anti maling pada motor. Anda bisa memasangnya melalui bengkel resmi.

 

3 dari 4 halaman

Keyless

3. Pasang Sistem Keyless Ignition System

Sistem keyless ignition system juga bisa membuat motor menjadi lebih aman. Sistem ini akan mendeteksi kunci remote dalam radius 1 m. Jika terdeteksi itu artinya pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin.

Ketika kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor mati dan akan langsung terkunci. Hal ini akan membuat motor menjadi lebih aman karena lebih sulit untuk dicuri.

4 dari 4 halaman

GPS

4. Pasang GPS

Pemasangan GPS saat ini cukup penting. Terlebih, alatnya sudah termasuk alat pengaman dan pelacak yang bisa terkoneksi dengan ponsel pintar alias smartphone berbasis Android dan IOS dengan aplikasi khusus.

Selain itu, pilih juga alat yang memang bisa menghidupkan dan mematikan mesin motor. Jadi, saat motor sudah diambil pencuri, sebagai pemilik bisa langsung mematikan mesin atau jika benar-benar sudah hilang, kendaraan kesayangan masih bisa dilacak keberadaannya, dan setidaknya membantu polisi untuk mencarinya.

Loading