Sukses

Sepeda Motor Tak Pakai Mesin Diesel, Ini Sebabnya

Mesin diesel terkenal dengan ketangguhan dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Tapi ada satu dua hal yang membuatnya tak cocok disematkan untuk sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Mesin diesel terkenal dengan ketangguhan dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Tapi ada satu dua hal yang membuatnya tak cocok disematkan untuk sepeda motor.

Dilansir Zing, mesin diesel punya banyak keterbatasan jika dipasang di sepeda motor. Pertama, soal ukuran dan volume mesinnya. Mesin diesel tak perlu menggunakan busi untuk membakar bahan bakar. Pembakaran akan terjadi dengan sendirinya ketika mencapai rasio kompresi tertentu.

Rasio kompresi mesin diesel bisa mencapai 24:1. Sepeda motor akan lebih nyaman dipakai jika getarannya tak terasa. Semakin halus getarannya, maka semakin nyaman digunakan bukan? Maka itu mesin diesel tak dipasang untuk sepeda motor.

Lagipula, mesin diesel juga memiliki emisi karbon yang kurang bagus untuk lingkungan. Tingkat polusinya bisa mencapai 13 persen dibandingkan dengan mesin bensin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa selama menempuh perjalanan yang sama, sepeda motor menghasilkan lebih banyak CO2 (karbon dioksida) daripada mobil. Jadi, pemilihan mesin bensin pada sepeda motor adalah upaya untuk mengurangi pencemaran udara.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.