Sukses

Jangan Sembarangan, Ini Cara Mencuci Mesin Mobil yang Benar

Sektor mesin menjadi area yang tidak boleh sembarangan saat mencuci mobil. Salah dalam pengerjaan bisa berakibat fatal.

Liputan6.com, Jakarta - Meski berada di area tertutup, debu-debu halus tetap bisa masuk melalui celah kecil ke area mesin. Jika dibiarkan, debu akan menumpuk, sehingga mesin tak sedap dipandang karena kotor.

Selain itu, dampak kotoran pada area mesin ternyata mampu membuat kinerja mesin tidak optimal, bahkan rentan merusak komponen kelistrikan.

Meski demikian, membersihkan mesin mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Pemilik kendaraan harus paham karena adanya beberapa komponen kelistrikan yang rentan korslet, seperti sekring, pin sambungan kabel dan ECU.

Berikut solusi membersihkan mesin yang benar seperti dikutip dari situs resmi Suzuki, Kamis (18/4/2019).

Hal pertama yang harus dilakukan ialah mencari area kelistrikan dalam mobil yang rentan menyebabkan konslet jika terkena air.

Area tersebut harus diamankan dengan dibungkus menggunakan plastik. Agar aman, rekatkan juga lakban atau isolasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Gunakan air bertekanan rendah untuk menghilangkan debu yang menempel di bagian luar mesin, dan sela-sela yang sulit dijangkau.

Semprotkan cairan engine degreaser untuk merontokkan kotoran membandel. Anda bisa sedikit menyikat permukaan mesin secara perlahan dengan sikat halus.

Untuk bagian celah kecil, bisa menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai, lalu bilas dengan menyemprot menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kotorannya dan membilas bekas sabun yang masih menempel di sekitar mesin.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Jika memiliki kompresor angin, gunakan untuk membersihkan sisa-sisa air yang terjebak di celah-celah sempit mesin. Untuk menghindari timbulnya kerak alias water spot, diamkan mobil selama 2-3 jam (dalam posisi kap mesin terbuka).

Lepaskan kembali pembungkus plastik yang digunakan untuk menutup komponen kelistrikan mesin. Sebaiknya proses pencucian dilakukan di ruang terbuka yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Setelah kering sempurna, nyalakan mesin mobil sambil mengecek semua komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini