Sukses

Tak Mau Aki Soak, Waspada 4 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bagi beberapa pengendara, keberadaan aki dianggap tidak terlalu penting. Karena, tanpa aki pun kelistrikan motor masih tersuplai dari sepul selama motor menyala.

Meski demikian, tanpa komponen tersebut, motor tak akan berfungsi sebagaimana maksimal karena banyak fitur yang tak bisa digunakan tanpa adanya aki.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diwaspadai saat motor tak lagi menggunakan aki seperti dilansir Wahana Honda, Rabu (13/3/2019).

1. Lebih Sulit Menghidupkan Mesin

Saat menyalakan motor, lebih mudah jika pengendara menggunakan electric starter. Tanpa aki, sistem ini tidak akan berfungsi. Sehingga, menggunakan kick starter untuk menyalakan motor adalah cara satu satunya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Listrik Motor Mati Total

Saat motor mati, seluruh kelistrikan tak akan bisa berfungsi. Alhasil indikator persneling motormu tak memiliki keterangan sedang berada di gigi berapa dan klakson tak akan berfungsi maksimal.

3. Lampu Sein Tak Berfungsi Optimal

Lampu sein merupakan salah satu yang paling penting, karena fungsinya saat berkendara. Selain untuk menunjuk arah, lampu sein adalah media komunikasi antar pengendara.

Tanpa aki, lampu sein bisa tak berkedip karena terpengaruh oleh RPM motor. Semakin kencang RPM, semakin tak berkedip lampu sein. Hal ini akan menjadi masalah untuk keamanan pengendara lain.

4. Lampu Ikut Kinerja RPM Motor

Fungsi lampu di sepeda motor sangatlah penting. Tanpa adanya aki, kinerja lampu akan mengikuti besaran RPM motor. Jika RPM nya tinggi, lampu akan sangat terang. Namun saat rendah, lampu akan redup bahkan tak terlihat menyala.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Belasungkawa Meghan Markle dan Harry untuk Selandia Baru
Loading
Artikel Selanjutnya
Punya Mobil Berwarna Putih, Begini Cara Merawatnya
Artikel Selanjutnya
Dilarang Putar Kunci Langsung Starter Sepeda Motor, Berbahaya