Sukses

Mau Harga Motor Kesayangan Tetap Tinggi, Begini Caranya

Hadirnya model terbaru kendaraan bermotor membuat sebagian masyarakat rela menjual motor bekas pakai. Untuk menentukan harga jual yang layak, ada beberapa faktor penentu yang biasanya diperhatikan konsumen atau diler kendaraan bekas.

Liputan6.com, Jakarta - Hadirnya model terbaru kendaraan bermotor membuat sebagian masyarakat rela menjual motor bekas pakai. Untuk menentukan harga jual yang layak, ada beberapa faktor penentu yang biasanya diperhatikan konsumen atau dealer kendaraan bekas.

Hal tersebut biasanya dilakukan karena kita tidak tahu history di balik pemakaian sepeda motor. Nah, untuk menjaga harga jual kendaraan kesayangan tetap tinggi, berikut faktor yang harus diperhatikan pemilik kendaraan.

Susi Irawaty, Head of Operation Otomoto menjelaskan salah satu faktor penentu kendaraan bekas pakai ialah riwayat servis dan kondisi kendaraan.

"Pasti kondisi kendaraannya bagaimana, akan dicek mekanik untuk hal itu agar lebih mudah diketahui. Riwayat servis juga menentukan, apakah dia servis di bengkel umum atau di bengkel rekanan seperti AHASS atau bengkel Yamaha," katanya di Menteng, Jakarta Pusat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain itu, merek dan jenis kendaraan juga menentukan harga jual kembali motor. Secara otomatis hadirnya model baru diakui Susi berpengaruh pada nilai jual sebuah kendaraan bekas.

"Tentu merek, lalu model motornya apa. Kalau memang sudah ada yang baru biasanya harga akan ikut turun. Semakin banyak yang mencari harganya juga akan ikut bertahan," ujarnya.

Hal terakhir penentu harga sebuah motor ialah kelengkapan surat serta pajak. Apabila ada surat yang tidak lengkap, harga jual kendaraan akan menurun.

"Kelengkapan surat dan pajak juga sangat berpengaruh pada harga jual motor bekas. Karena itu surat sangat penting," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.