Sukses

Seperti Tak Dianggap, Ini 3 Fitur di Mobil yang Sering Nganggur

Dari sekian banyaknya fitur yang tersemat di dalam mobil, ada beberapa yang memang tidak digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang beredar saat ini sudah banyak dilengkapi fitur canggih. Bahkan, untuk kendaraan yang baru diluncurkan selalu mengalami kenaikan harga, dengan alasan adanya penambahan fitur atau teknologi canggih.

Namun, dari sekian banyaknya fitur yang tersemat di dalam mobil, ada beberapa yang memang tidak digunakan. Tidak hanya sering 'nganggur', banyak juga fitur yang bahkan tidak diketahui keberadaanya di dalam mobil, karena si pemilik kendaraan tidak pernah membaca buku manual.

Nah, berikut tiga fitur yang jarang digunakan seperti Liputan6.com sitat dari berbagai sumber:

 

1) Isofix

Saat ini, kursi anak di dalam mobil belum dianggap penting oleh sebagian orang tua. Padahal jika dilihat dari fungsinya, menggunakan kursi anak selain memberikan rasa nyaman juga meningkatkan keselamatan buah hati saat berkendara.

Dengan belum dianggap penting, fitur Isofix yang berfungsi untuk mengaitkan kursi anak di dalam mobil juga jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Anak-anak tetap digendong di dalam mobil atau dibiarkan duduk tanpa kursi anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2) Sabuk Keselamatan Jok Belakang

Untuk kendaraan yang beredar saat ini sudah banyak yang dilengkapi sabuk keselamatan hingga kursi baris belakang (baris ke dua atau ke tiga). Namun, bagi pengguna mobil, sepertinya hanya bersedia menggunakan sabuk keselamatan saat menjadi pengemudi atau penumpang depan.

Sedangkan penumpang di baris kedua atau ketiga, sangat jarang sekali menggunakan sabuk keselamatan. Padahal, dengan menggunakan sabuk keselamatan untuk semua posisi, pastinya lebih aman jika terjadi  kecelakaan.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

3) Cruise Control

Salah satu fitur canggih yang dapat membantu kenyamanan saat berkendara, terlebih di jalan tol adalah cruise control. Tapi, tidak semua pengemudi yang sadar akan hal tersebut, dan masih tidak menggunakan fitur tersebut ketika berada di jalur bebas hambatan.

Dengan menggunakan cruise control, pengemudi bisa berkendara secara konstan, tanpa menginjak pedal gas dan hanya mengendalikan setir saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini