Sukses

Mobil Listrik Kolaborasi PLN-ITS Menyapa Kalimantan

Liputan6.com, Balikpapan - Mobil listrik kolaborasi PLN-ITS dalam misi explore Indonesia yang telah tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur. Mobil listrik selanjutnya dilepas oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Utara (PLN UIW Kaltimra), Djoko Dwijatno, untuk melanjutkan perjalanannya menuju Pulau Sulawesi.

“Melanjutkan perjalanan menuju Sulawesi,” kata Djoko, Kamis (28/2/2019).

Mobil bernama Kasuari ini memiliki kapasitas baterai dengan daya 30 kWh. Dengan baterai yang terisi penuh, Kasuari mampu melaju hingga 150 km dengan kecepatan maksimal 140 km/ jam. Sebelumnya, mobil ini telah diberangkatkan dari Surabaya, dan telah menjelajah keliling Jawa dan Sumatera hingga akhirnya tiba di Pulau Kalimantan.

Kendaraan roda empat karya anak bangsa ini tengah melakukan ekplorasi keliling Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Djoko mengatakan bahwa tujuan daripada kegiatan PLN-ITS Explore Indonesia ini adalah memperkenalkan keberadaan mobil listrik kepada masyarakat.

“Melalui kegiatan ini kita bisa lihat bahwa mobil listrik juga memiliki ketangguhan yang cukup baik dalam menaklukkan medan perjalanan yang tidak sederhana. Terbukti, mobil ini sudah berhasil melakukan perjalanan dimulai dari Surabaya, mengelilingi Pulau Jawa, Sumatera, hingga akhirnya tiba di Kalimantan”, tambahnya.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dalam rangkaian kegiatannya di Kota Balikpapan selama lima hari terakhir, Kasuari telah dipamerkan kepada masyarakat melalui kegiatan car free day, Minggu (24/02) lalu. PLN juga menggelar kegiatan PLN Mengajar, dan Talkshow tentang “Electrifying Lifestyle” dengan audiens para akademika dan murid SMK di Balikpapan. Tak hanya itu, PLN UIW Kaltimra juga berkolaborasi dengan Enggang, mobil listrik Institut Teknologi Kalimantan (ITK), dalam setiap kegiatan Kasuari di Balikpapan.

Djoko menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk support PLN terhadap produk –produk yang ramah lingkungan, termasuk kendaraan listrik, kompor listrik dan sejenisnya yang tidak menghasilkan emisi gas buang karbon monoksida.

Rombongan mobil listrik ini juga singgah pada beberapa titik saluran pengisian listrik umum (SPLU) yang telah kami sediakan di Kuaro, Petung dan Pasar Segar Balikpapan untuk mengisi daya”, katanya.

Sementara itu, Agus Muchlisin, Ketua Rombongan PLN-ITS Explore Indonesia menerangkan bahwa program ini juga bertujuan untuk menguji ketahanan komponen kendaraan ini, baik ketangguhannya maupun kekuatan daya jelajahnya sehingga siap untuk diproduksi masal.

Setelah dilepas hari ini, rombongan akan bertolak ke Pulau Sulawesi. Kegiatan PLN-ITS Explore Indonesia ini telah dimulai sejak November 2018 lalu dengan titik start di Surabaya dan diharapkan selesai pada bulan Mei 2019 nanti. Pada perjalanannya, mobil listrik ini akan menempuh jarak sedikitnya 15.000 km.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Bakal Berikan Insentif untuk Kendaraan Listrik, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Siapkan Insentif untuk Kendaraan Listrik