Sukses

Fitur Ini Bisa Mencegah Kecelakaan Fatal yang Melibatkan Sepeda Motor

Kecelakaan antara truk berukuran besar dan sepeda motor terkadang tak bisa dihindari. Untuk mencegah hal tersebut, Hino menyematkan fitur penting pada kendaraannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan antara truk berukuran besar dan sepeda motor terkadang tak bisa dihindari. Untuk mencegah hal tersebut, Hino menyematkan fitur penting pada kendaraannya.

Fitur yang ditambahkan tersebut mencakup rear camera, side guard, dan ABS terutama untuk truk tangki pengangkut bahan bakar minyak.

Fitur tersebut dipasangkan untuk segmen kargo atau transportasi logistik baik itu Hino New Generation Ranger maupun Hino New Dutro

Menurut Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), penambahan fitur side guard untuk mencegah motor masuk ke kolong truk ketika terjadi kecelakaan dari samping.

Dari evaluasi dan analisis Hino, banyak kasus kecelakaan truk dan sepeda motor terjadi di sisi samping badan truk, baik motor yang tiba-tiba nyelonong atau masuk ke badan truk, yang sulit diduga dan diantisipasi sopir truk.

"Sepeda motor, susah diduga, suka salip dan mepet secara mendadak. Ketika dia kena bodi truk, dia tidak kena besinya, tidak langsung masuk ke kolong, tetapi mental terdorong (keluar)," kata Santiko.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Penambahan rear camera juga bertujuan menambah keselamatan pengemudi ketika mundur atau parkir di area yang sulit dilihat.

"Tujuan lainnya kita pasang rear camera untuk mengantisipasi dan menghindari blind spot bagi pada pengemudi, terutama kendaraan kecil, seperti sepeda motor," ujarnya.

Selain itu yang menjadi fitur terbaru untuk angkutan bahan bakar minyak, gas, bahan kimia dan bahan berbahaya lainnya adalah penggunaan sistem pengereman Anti-Lock Brake System (ABS).

Dengan sistem ABS meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan berkendara bagi pengemudi, barang muatan yang dibawa dan lingkungan sekitar terutama jika berkendara dengan kecepatan tinggi dan kondisi jalan yang licin.

Truk dengan fitur ABS ini ditujukan bagi customer yang bergerak dibidang distribusi bahan bakar minyak, angkutan bahan kimia, perusahaan bahan bakar gas maupun semen industei.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Varian untuk segmen ini di antaranya Hino New Generation Ranger FG 245 JK untuk kapasitas 8.000 liter, serta FL245 JN, FL 245 JW, dan FM 285 JD untuk kapasitas 16.000 liter.

Sementara untuk model tractor head dengan kapasitas tarik tangki 24.000 liter Hino memiliki tipe SG 260 dan 285 TH serta FM 265 dan 285 TH.

Sedangkan yang paling tinggi adalah FM 350 TH untuk kapasitas 32.000 liter.

"Sebenarnya tanpa ABS, produk kita tidak masalah karena pakai rem angin, itu sudah cukup. Tapi misalnya karena Pertamina meminta (ABS), maka kita pasangkan. Kita bisa pasang ABS kalau konsumen mau, jadi monggo, kami bisa," tutup Santiko.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.