Sukses

Jangan Sembarangan, Ganti Fog Lamp Watt Besar Bisa Bikin Kebakaran

Mengganti bohlam lampu kabut dengan Watt yang lebih besar, tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kebakaran mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar mobil yang beredar di Indonesia sudah dilengkapi lampu kabut atau fog lamp. Namun, banyak si empunya kendaraan melakukan modifikasi dan mengganti bohlam fog lamp agar tidak terlihat standar dan makin keren.

Dijelaskan Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM) , bagi yang berniat mengganti lampu kabut jangan sembarangan. Pasalnya, dengan mengganti bohlam lampu kabut dengan Watt lebih besar, tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kebakaran mobil.

"Modifikasi lampu kabut harus sesuai Watt, dan jangan yang lebih besar karena sering ada kebakaran karena ganti bohlam yang lebih besar," jelas Didi saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Senin (11/2/2019).

Lanjut Didi, jika memang berniat mengganti bohlam fog lamp lebih baik sesuai dengan rekomendasi atau sesuai standar pabrikan. "Biasanya di kabelnya ada rekomendasi Watt lampunya, atau bisa diganti sesuai dengan OEM, sebesar 18 atau 19 Watt," tegasnya.

Sementara itu, dengan mengganti lampu yang lebih besar Watt-nya bakal menyebabkan kabel cepat panas. Jadi, hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kebakaran mobil. Kemudian, perlu diingat kembali, warna lampu fog lamp harus kuning, dan jangan pernah diganti warna putih.

"Banyak juga yang ganti bohlamnya. Namanya fog lamp, sinarnya itu rada kuning bukan putih. HID dan yang lainnya, jika hujan malah tidak terlihat," tambah Didi.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lanjut Didi, jika warna fog lamp itu selain kuning, justru tidak menembus kabut atau hujan, dan pastinya bakal berbahaya bagi pengemudi.

"Sesuai namanya, fog lamp sebenarnya membantu untuk penerangan saat kabut, dan menyinari jalan. Jadi, jangan pernah ganti warna fog lamp," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.