Sukses

Tren Pasang LED 3 Warna Punya Mobil untuk Sepeda Motor

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik sepeda motor yang tidak puas dengan tampilan standar kuda besi kesayangannya, pasti bakal melakukan modifikasi. Dari ubahan standar namun memiliki nilai fungsi yang tinggi hingga modifikasiĀ ekstrim.

Salah satu modifikasi yang bisa dilakukan, adalah dengan mengubah lampu. Pasalnya, pabrikan pasti memberikan sistem penerangan yang biasa saja, dan mengikuti aturan untuk menyala sepanjang sepeda motor dihidupkan, jadi menggunakan lampu yang hemat energi.

Nah, salah satu modifikasi lampu yang ditawarkan oleh bengkel Kedai Riders, yaitu LED tiga warna yang sudah banyak digunakan untuk mobil.

"Untuk LED 3 warna ini bisa dikombinasi dalam satu papan, menggunakan lampu dengan tingkat keterangan 6.500 kelvin, 4.000 kelvin, dan 3.000 kelvin," jelas Yoyo, Pemilik Kedai Bikers yang beralamat di Ruko Puri Beta 1, Petos Junction 7, Nomor 58, Ciledug, Tangerang, Rabu (6/2/2019).

Lanjutnya, modifikasi LED 3 warna ini sejatinya bisa dilakukan untuk semua jenis motor, namun di bengkelnya memang kebanyakan dilakukan untuk Yamaha NMax dan Honda PCX.

Selain itu, untuk menyalakan lampu juga hanya dibutuhkan tombol switch off dan on saja tanpa modul tambahan.

"Kalau PCX lokal pakai enam titik lampu LED, yang empat untuk lampu dekat dan dua untuk lampu jauh. Modifikasi ini juga tidak bakal bikin aki tekor, karena satu lampu LED terutama yang menggunakan lampu Fortuner VRZ setara dengan lampu 33 watt, namun pemakaian tidak sampai 33 watt per lampu," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Memang, untuk sepeda motor yang tidak memiliki saklar lampu seperti Yamaha NMax dan Honda PCX, harus memasang saklar tambahan.

"Rekomendasinya pakai saklar Yamaha V-Ixion, Pulsar 135, atau NS 200," pungkasnya.

Untuk pengerjaan upgrade lampu ini, memang tidak bisa langsung, dan harus melakukan pemesan terlebih dahulu untuk bisa diatur lampunya, baru dipasang di sepeda motor.

Ikan di Laut Terjebak dalam Kantong Plastik

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Sembarangan, Ini Tips Aman Pilih Boks Sepeda Motor
Artikel Selanjutnya
Cari Aksesori Trail, di Sini Gudangnya