Sukses

125 Tahun Berlalu Sejak Motor Pertama Diproduksi Massal, Apa yang Berubah?

Sepeda motor telah melalui banyak fase kehidupan hingga menjadi seperti sekarang. Memang, perjalanan kendaraan roda dua itu tidaklah sebentar, setidaknya waktunya sudah mencapai 125 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor telah melalui banyak fase kehidupan hingga menjadi seperti sekarang. Memang, perjalanan kendaraan roda dua itu tidaklah sebentar, setidaknya waktunya sudah mencapai 125 tahun.

Ya, sepeda motor produksi massal pertama kali dirilis pada tahun 1884 di Inggris. Uniknya, wujud motor ini tak seperti model sekarang, beroda tiga dan hanya digunakan oleh 1 orang saja.

Setelah 125 tahun berjalannya dunia sepeda motor, apa saja yang sudah berubah?

1. Tujuan

Pada masa awalnya, sepeda motor hanya bisa dimiliki oleh orang-orang dengan keadaan ekonomi atas. Namun, saat ini, mengutip dari Newmotor.com.cn, motor telah menjadi kendaraan yang biasa bagi kebanyakan orang.

Namun, sebagian orang juga memandang sepeda motor sebagai bagian dari gaya hidup. Selain itu, kendaraan roda dua ini dianggap mampu menjadi sarana refreshing dari rutinitas sehari-hari.

2. Perlengkapan Berkendara

Perlengkapan berkendara pun turut berubah seiring perkembangan sepeda motor. Perlindungan dan kenyamanan pun ditingkatkan seiring dengan kondisi lalu lintas.

Bahkan, saat ini para pengendara bisa memiliki teknologi terbaik untuk melindungi dirinya seandainya terlibat kecelakaan, salah satunya jaket dengan airbag.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kondisi Lalu Lintas

Seiring berjalannya waktu, kondisi lalu lintas di berbagai belahan dunia pun semakin padat. Hal ini memunculkan ide untuk melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor ke daerah yang terbilang sepi.

Dengan kepadatan lalu lintas saat ini, sepeda motor juga dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan, sebut saja ABS dan traction-control. Selain itu, terpasang juga perangkat navigasi waterproof guna memudahkan para pengendara.

4. Kualitas Sepeda Motor

Sepeda motor modern saat ini jelas telah memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibanding 125 tahun lalu. Kini, telah terdapat berbagai teknologi canggih, seperti LED headlamp, sistem pengabutan injeksi, dan rem cakram.

Tak hanya itu, modelnya pun berkembang seiring keinginan pasar, mulai naked-bike, sportbike, moto-adventure, hingga cruiser. Bahkan bentuknya pun benar-benar diperhitungkan untuk mendukung aerodinamika, terlebih pada sportbike.

Meski banyak hal telah berubah di dunia sepeda motor, ada satu hal yang tetap sama, yaitu sensasi berkendara sepeda motor. Bisa jadi, ini adalah faktor yang membuat sebagian orang memilih sepeda motor sebagai hobinya.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.