Sukses

Mobil Listrik Jaguar Diuji Tabrak, Bagaimana Hasilnya?

Mobil-mobil mewah umumnya memiliki sederet fitur keamanan dan keselamatan yang canggih. Meski begitu, mobil-mobil tersebut tetap diuji oleh oleh lembaga independen tingkat dunia

Liputan6.com, Jakarta - Mobil-mobil mewah umumnya memiliki sederet fitur keamanan dan keselamatan yang canggih. Meski begitu, mobil-mobil tersebut tetap diuji oleh oleh lembaga independen tingkat dunia untuk memastikan itu semua bekerja dengan baik.

Salah satu yang menjalani uji benturan adalah SUV mewah Jaguar I-PACE. Mobil listrik yang juga diisukan akan masuk di Indonesia tahun ini lolos uji tabrak dengan meraih peringkat keamanan bintang 5 Euro NCAP.

SUV elektrik pertama dari Jaguar ini mencetak 91 persen untuk perlindungan penumpang dewasa, 81 persen untuk perlindungan penumpang anak dan 81 persen untuk bantuan keamanan.

Jaguar I-PACE juga mencetak poin maksimum untuk side barrier impact test (ujian dampak penghalang samping) serta side pole test (ujian dampak tiang samping) yang lebih berat, dengan perlindungan baik untuk semua area dari bodi mobil yang penting.

I-PACE adalah model kesepuluh berturut-turut dari produsen kendaraan terbesar di Inggris yang menerima lima bintang.

Jaguar I-PACE telah menerima berbagai penghargaan untuk desain, performa dan pengendaliannya. Penghargaan terbaru dari Euro NCAP ini menyoroti standar keselamatan luar biasa I-PACE. SUV ini direkayasa secara ahli dengan struktur bodi aluminium ringan dan paket baterai terintegrasi untuk memberikan perlindungan kecelakaan.

Keselamatan adalah prioritas terbesar kami dan kami memang sangat senang melihat hasil Euro NCAP mencerminkan hal ini, kata Simon Black, Pemimpin Proyek Senior, Body Engineering Jaguar Land Rover,

Struktur bodi aluminium ringan I-PACE memberikannya tingkat kekokohan tinggi, dan ketika dikombinasikan dengan paket baterai terintegrasi - dilindungi oleh kerangka aluminium struktural - menghasilkan kekakuan torsional tertinggi pada Jaguar manapun, dengan 36kNm per derajat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Fitur yang menonjol dari desain bodi termasuk penggunaan forging atau penempaan aluminium pertama di industri, dan pengaplikasian post-form heat treatment pertama dari Jaguar untuk meningkatkan kekuatan aloi aluminium yang digunakan di area kritis saat terjadi kecelakaan.

Jaguar I-PACE dilengkapi sejumlah teknologi unggulan, diantaranya Pedestrian Deployable Bonnet System (kap yang buka untuk meringankan dampak tabrakan) dan Autonomous Emergency Braking (Pengereman Darurat Otomatis) dengan Pedestrian and Cyclist Detection (Pendeteksi Pejalan Kaki dan Pesepeda).

Jaguar juga merancang Audible Vehicle Alert System atau Sistem Peringatan Kendaraan Audibel (AVAS) yang unik untuk kendaraan listrik pertamanya yang memperingatkan pengguna jalan ketika kendaraan mendekat.

Suara ini dapat didengar pada kecepatan hingga 20km/jam sehingga melebihi minimum 56dB(A) yang dipersyaratkan dalam undang-undang Eropa yang akan diberlakukan. Sistem ini diuji bersama dengan anggota Guide Dogs for the Blind (Anjing Pemandu Untuk Kaum Tunanetra), lembaga amal terkemuka di Inggris bagi orang-orang yang terkena kehilangan penglihatan.

Selain semua teknologi keselamatan tersebut, SUV mewah ini menawarkan rangkaian lengkap sistem bantuan pengemudi yang canggih termasuk Adaptive Cruise Control with Steering Assist, Blind Spot Assist, dan 360 Parking Aid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini