Sukses

Mau Aki Berumur Panjang, Simak 4 Cara Ini

Fungsi aki sangat vital bagi kendaraan, baik roda 2 ataupun 4. Hanya saja jika aki mulai tak berfungsi, kendaraan roda dua masih bisa diakali menggunakan kick starter. Berbeda dengan roda 4.

Liputan6.com, Jakarta - Aki memiliki peran penting bagi kendaraan roda 4 dan roda 2. Jika aki bermasalah, tentu pengguna roda empat akan kesulitan untuk menyalakan mobil. Sedangkan pengguna roda 2 masih bisa menggunakan kick starter jika aki soak.

Nah supaya aki tak mudah habis dan panjang umur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dilansir laman resmi Daihatsu Indonesia, berikut 4 tips untuk memperpanjang umur aki mobil kamu.

1. Mematikan Beban Kelistrikan saat Starter Mobil

Sebelum menyalakan mesin, terlebih dahulu kamu matikan beban listriknya, seperti lampu, audio, dan AC agar beban aki tidak terlalu berat. Saat menyalakan mesin, starter membutuhkan arus yang sangat besar dari aki. Berbagai peralatan yang dibiarkan hidup tidak hanya akan menguras daya aki mobil, tetapi juga berisiko merusak sistem listrik mobil.

2. Memanasi Mobil secara Rutin agar Aki tetap Terisi

Jangan biarkan aki mobilmu tak digunakan selama berhari-hari. Jika kamu memanaskan mobil secara teratur meskipun tidak menggunakannya adalah baik untuk menjaga agar aki tetap terisi. Selain untuk memanaskan mesin kendaraan, hal ini bertujuan untuk mengisi kembali tenaga pada aki sehingga aki mobil tidak drop pada saat akan digunakan kembali.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Periksa Kondisi Terminal Aki

Periksa kondisi terminal aki secara berkala dari karat dan kerak putih. Kerak putih pada terminal aki dapat memperpendek umur aki. Cara membersihkannya mudah, yakni gunakan sikat kawat untuk membersihkan karat. Lalu, oleskan oli gemuk (grease) pada terminal aki untuk mencegah karat. Adapun untuk membersihkan kerak putih gunakan air panas.

Siram ke terminal aki yang ada kerak putih hingga kerak putih tersebut rontok. Gunakan sikat kawat bila diperlukan, kemudian lap dengan kain untuk mengeringkan permukaan yang basah. Jika kamu tidak sempat membersihkan sendiri, pastikan montir di bengkel kepercayaan kamu memeriksa dan membersihkan terminal aki secara teratur.

4. Aki Mobil Dicek oleh Ahlinya

Cara alternatif untuk merawat aki adalah dengan sering melakukan pemeriksaan rutin ke bengkel spesialis aki. Pada saat melakukan tune up, baterai atau aki mobil akan diperiksa dari mulai jumlah elektrolit, kondisi terminal, dan sebagainya. Intinya baterai mobilmu akan dirawat sehingga akan lebih awet lagi.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.