Sukses

Penting Nih, Deretan Fitur Mobil untuk Pengereman Mendadak

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang beredar saat ini sebagian besar sudah mengadopsi berbagai fitur canggih. Bahkan, teknologi yang tersemat di kendaraan kesayangan ini juga mendukung pengereman secara mendadak, dan menunjang keselamatan berkendara.

Melansir laman resmi Wuling Indonesia, fitur yang sudah cukup banyak diadopsi, seperti ABS (Anti-Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distrbution).

Keberadaan dua fitur tersebut membantu pengemudi untuk bisa mengerem secara lebih jitu, apalagi seperti disebutkan di atas, saat dalam kondisi mendadak.

Pada dasarnya, keberadaan EBD adalah untuk menyempurnakan fungsi ABS. Kombinasi keduanya memungkinkan mobil terhindar dari kemungkinan tergelincir atau ngesot.

Paduan insting dan kelihaian menyetir pun juga masih dipengaruhi oleh kondisi jalan. Jika jalanan berpasir atau licin, maka kemungkinan tergelincir pun lebih besar terjadi. Jadi pengemudi harus lebih waspada.

Selain ABS dan EBD, satu lagi fitur yang berhubungan dengan kemampuan mengerem jitu. Adalah ESC atau Electronic Stability Control.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Fitur ini secara otomatis akan mengkalkulasi berapa penguncian traksi yang dibutuhkan pada roda depan dan belakang. Sehingga mobil tak tergelincir dan masih berada dalam posisi yang terkendali.

Faktor lain seperti berat beban mobil dan tekanan ban juga berpengaruh terhadap pengereman jitu ini. Maka selalu pastikan beban tidak melebihi kapasitas daya angkut mobil dan selalu cek kondisi tekanan angin pada ban.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Pengemudi Selamat Usai Terjatuh ke Sumur Sedalam 18 Meter

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Mengaktifkan Fitur ABS pada Mobil
Artikel Selanjutnya
Skutik Mungil Yamaha Pakai ABS, Honda Bakal Latah?