Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Puluhan Tahun Tersimpan di Gudang, Kondisi 11 BMW Lawas Ini Masih Mulus

Liputan6.com, Jakarta - 11 mobil BMW 5 Series (E34) ditemukan di sebuah gudang tua di Kota Blagoevgrad, barat daya Bulgaria. 10 di antaranya tipe sedan dan 1 berjenis wagon.

Kebanyakan model yang tersimpan merupakan 520i dan sebagiannya versi lebih bertenaga, 525i. Seluruh BMW 5-Series dalam kondisi gress keluar dari pabrik sejak 1994.

Hal ini terlihat dari kabinnya. Beberapa komponen seperti jok, roda kemudi dan tuas transmisi masih terbungkus plastik pelindung bawaan pabrik. Ditambah adanya sejumlah dokumen yang tergeletak di bangku belakang dan kilometernya pun mengindikasikan hal itu.

Keseluruhan tampilan mobilnya masih bagus, bahkan seperti baru keluar dari diler. Padahal sudah tersimpan selama 25 tahun. Walau memang ekteriornya ada yang penyok dan lecet.

Satu unit terlihat kaca belakangnya pecah dan sebagian kehilangan tutup tangki. Sedangkan interior seperti tidak tersentuh.

Tak nampak ada bagian yang rusak. Hanya dibutuhkan sedikit pembersihan secara detail, agar kembali seperti semula. Begitu pula bagian kolong kendaraan, meski ada karat tapi tidak terlalu parah.

Pemandangan ini semakin unik, lantaran seluruh mobil tak punya pelat nomor. Usut punya usut, menurut Angle Angelov, penasihat servis di salah satu diler BMW di Bulgaria, 11 unit BMW ini dimiliki Daru Car, diler BMW yang berlokasi di Sofia.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Awalnya, mobil-mobil ini dipesan oleh pengusaha yang bergerak di bidang penyewaan kendaraan. Namun, tanpa alasan jelas, malah tak jadi dibeli. Akhirnya kesebelas BMW ini dibiarkan begitu saja.

Meski begitu, mereka tetap diservis dan diganti pelumas mesin serta oli remnya secara berkala oleh pihak diler. Tak aneh bila bentuknya tetap terjaga.

Rumornya, unit bakal dijual bulan depan dengan sistem lelang. Tetapi belum diketahui bakal dilego di mana. Jika jadi, kemungkinan harga yang dikenakan berkisar 10.000 Euro sampai 15.000 Euro atau bila dikonversi ke rupiah sekitar Rp 164 jutaan hingga Rp 246 jutaan. Itu pun tergantung kondisinya.

Sayangnya mobil ini tak bisa langsung digunakan di Bulgaria. Soalnya, aturan setempat tak menerima pendaftaran kendaraan baru yang memiliki standar emisi lama. E34 sendiri masih berspesifikasi Euro 1.

Kalau pun ingin digunakan di Bulgaria, opsi terbaik yakni mengirimnya kembali ke Jerman. Di sana akan diberikan pelat khusus sebagai kendaraan retro. Baru setelahnya bisa dikembalikan ke Bulgaria dan dipakai di jalan umum.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Kawasaki KLX150L Bangkit dengan Gaya Retro Era 80-an
Artikel Selanjutnya
Alasan Mahindra Meluncurkan Pikap di Indonesia