Sukses

UGM Bikin Becak Listrik, Sekali Cas Bisa Tempuh 30 Km

Becak Listrik (Belis) besutan kolaborasi Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (PSEKP) dan Inovation Center for Automatic (ICA) telah diserahkan kepada 12 tukang becak

Liputan6.com, Jakarta - Becak Listrik (Belis) besutan kolaborasi Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (PSEKP) dan Inovation Center for Automatic (ICA) telah diserahkan kepada 12 tukang becak di sekitar kampu UGM.

Tak hanya itu, pihak UGM berharap Belis yang ramah lingkungan bisa juga dibuat sebagai ikon kota Pelajar, Yogyakarta.

Apa kehebatan dari Belis tersebut? Secara tampilan desain memang tak ada perbedaan yang mencolok.

Akan tetapi, Belis yang dibuat langsug Fakultas Teknik UGM dengan dukungan pendanaan dari Pertamina dan PLN itu telah dilakukan riset sejak 2016 itu dibenamkan beberapa komponen khusus soal listrik.

Menurut Kepala ICA UGM, Jayan Sentanuhady, belis yang kini beredar merupakan generasi ke enam sejak awal riset.

“Sekali dicas selama 3-4 jam bisa digunakan untuk menempuh jarak 30-35 Km,” ungkap Jayan seperti dilansir situs UGM.co.id, Jumat (21/12/2108).

Kata Jayan, pengisian daya listrik dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan charger yang berada di dalam becak cukup disambungkan ke colokan listrik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa

Untuk mendukung cara kerja Belis, setidaknya dibenamkan motor listrik 48 Volt, menggunakan tenaga aki 48 Volt 12 Ah, dan daya 1.500 Watt.

Sedangkan kedepan pihaknya akan terus mengembangkan becak listrik dengan teknologi pedal assist .

“Nanti akan ada option bantuan tenaga 30 persen, 60 persen, dan 90 persen,” tutupnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Motor listrik merupakan jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan energi listrik untuk bisa bergerak.

    Motor Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • UGM

  • becak listrik

Video Terkini