Sukses

Musim Hujan Tiba, Begini Cara Merawat Wiper dan Karet Jendela

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda jika beberapa karet yang pada mobil butuh perawatan khusus? Beberapa karet kendaraan menempel di sejumlah titik pada mobil, seperti jendela, pintu hingga wiper wajib dirawat agar bekerja optimal.

Sama seperti komponen vital lainnya, karet pada jendela maupun pintu juga perlu mendapat perawatan agar fungsinya tidak terganggu dan merusak komponen lain.

Menurut Anjar Rosjadi - Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor, ada beberapa langkah sederhana dalam merawat karet dan kaca jendela. Selain harus tetap dalam kondisi bersih, yang harus dihindari adalah cairan asam.

“Zat kimia yang harus dihindari kaca adalah cairan asam karena dapat membuat permukaan kaca rusak. Sedangkan zat kimia yang dihindari supaya karetnya awet adalah bensin karena dapat membuat karet keras,” terangnya.

Karet-karet pada mobil, lanjut Anjar Rosadi, juga memiliki umur pakai. Pada pada periode tertentu harus diganti baru sejalan usia kendaraan, termasuk pengaruh dari cuaca. Misalnya sering parkir secara langsung di bawah terik matahari dalam waktu yang lama akan memperpendek usia karet terutama karet wiper kaca.

“Jadi usia karet tergantung kondisi lingkungan dan pemakaiannya. Karet harus diganti bila sudah keras. Untuk penggantian kaca kami rekomendasikan dilakukan di bengkel resmi sehingga keaslian karet dapat terjamin,” imbuhnya.

Sumber: Otosia.com

 

 

2 dari 3 halaman

Angkat Wiper Mobil Saat di Parkiran Terbuka, Perlukah?

Wiper jadi salah satu komponen yang patut dirawat. Sebab, jika musim hujan datang, maka fungsi wiper sangat berguna untuk menyapu air di kaca.

Nah, salah satu perawatan wiper yang sederhana adalah mengangkatnya ketika sedang parkir. Apa benar demikian?

 

Berdasarkan keterangan situs resmi Mitsubishi, salah satu komponen mobil yang cukup penting saat hujan datang yaitu wiper dan washer.

Tugas wiper sendiri dapat berguna menghapus curah air di kaca mobil, sedangkan washer dapat menyemprotkan air ke kaca mobil.

Kedua komponen ini saling berkaitan dan sangat penting, karena visibilitas pengemudi akan jadi leluasa saat turun hujan. Dengan begitu, Anda bisa mengendalikan mobil secara aman dan benar.

Karena itu, agar wiper dan washer berfungsi sempurna ada baiknya dilakukan perawatan yang tepat.  

Untuk merawat wiper, cek secara berkala kualitas karet wiper, apakah masih bisa berfungsi maksimal. Jika karet sudah menipis dan getas di beberapa bagian, lebih baik segera diganti.

Hal ini karena karet bukan membersihkan, melainkan mengganggu tugasnya menghapus air yang menghalangi pandangan pengemudi.

Begitu juga dengan washer, Anda harus selalu memastikan airnya cukup agar washer bisa menyemprotkan air dengan baik dan membantu membersihkan kaca mobil dari kotoran.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Wajah Baru Kawasaki Z250, Apa Saja yang Berubah?
Artikel Selanjutnya
Mengintip Kecanggihan Mazda3 Terbaru