Sukses

5 Komponen Mobil Ini Cepat Rusak Jika Sering Kebut-kebutan

Jika Anda senang kebut-kebutan di jalan raya, Anda bukan hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga orang lain. Selain itu, kebut-kebutan juga tak baik bagi komponen mobilmu.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda senang kebut-kebutan di jalan raya, Anda bukan hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga orang lain. Selain itu, kebut-kebutan juga tak baik bagi komponen mobilmu.

Melansir laman resmi Daihatsu Indonesia, 5 komponen mobil berikut akan terkena imbas hobi kebut-kebutan.

Karburator

Karburator berfungsi sebagai mekanis manual yang memasok bensin ke silinder. Karburator memiliki peran penting dalam mengatur laju mobil. Apabila setelan idle katup terlalu tinggi, katup karburator tidak bisa menutup secara sempurna. Hal tersebut menyebabkan supply bahan bakar ke silinder terlalu banyak dan berpotensi menyebabkan mobil mogok.

Koil

Koil berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik pada mobil. Berkendara kebut-kebutan, dengan kecepatan yang tak diperhitungkan akan mengganggu proses pengapian dan rusaknya koil sebagai pembangkit tenaga listrik.

Rack End

Rack end merupakan komponen pada kaki mobil yang perpotensi mengalami kerusakan lebih cepat dibandingkan dengan komponen lainnya. Rack end berfungsi untuk mengatur tingkat kelurusan roda saat mobil berjalan lurus.

Bila rack end pada mobilmu mengalami gangguan, sudah bisa dipastikan mobilmu akan mengalami ketidakseimbangan. Beberapa hal yang menyebabkan rack end menjadi mudah rusak, di antaranya berkendara dengan kecepatan tinggi, sering melewati jalan berlubang, dan kurangnya perawatan secara berkala.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tie Rod

Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan roda dengan rack end stir. Masing-masing roda depan memiliki satu tie rod. Namun ada beberapa tipe mobil yang menggunakan 2 tie rod pada satu roda.

Gejala rusaknya tie rod akan bisa mudah dirasakan pada pergerakan stir mobil. Hal tersebut ditandai dengan setir mobil yang sulit dikendalikan atau tidak stabil bahkan oleng.

Gejala lainnya yang bisa dirasakan adalah setir yang akan terasa bergetar dan menimbulkan bunyi saat akan berbelok. Untuk memastikannya, Anda harus mendongkrak roda depan, lalu menggoyangkannya ke kanan dan kiri. Jika terdengar bunyi aneh, maka bisa dipastikan bahwa tie road mobil rusak.

Ball Joint

Ball joint adalah komponen pada kaki mobil yang berfungsi menghubungkan arm (sayap) dengan knuckle roda. Meskipun letaknya menempel langsung pada sayap, namun ball joint tidak dipasang menggunakan baut.

Ball joint juga berfungsi sebagai sumbu roda saat berbelok ke kanan dan ke kiri. Salah satu gejalanya adalah munculnya bunyi-bunyi mengganggu di bagian bawah mobil.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.