Sukses

3 Tips Hindari Pencurian Mobil atau Motor

Ada beragam tindakan preventif agar keselamatan diri, mobil atau motor dan aset lain tetap aman dan terhindari dari incaran pencurian.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik mobil maupun sepeda motor wajib waspada jika meninggalkan kendaraan saat diparkirkan. Sebab, saat ini banyak modus pencurian yang tidak mengenal tempat dan waktu.

Hebatnya para pencuri saat ini, mereka tak butuh lama membobol kendaraan kita. Bahkan, apabila mobil atau motornya tak dibawa kabur, maka sejumlah bagian berharga pada kendaraan ikut digondol maling.

Namun, ada beragam tindakan preventif agar keselamatan diri, mobil atau sepeda motor dan aset lain agar tetap aman dan terhindar dari incaran maling.

Setidaknya situs jual beli mobil bekas, Mobil88 memberikan tiga tips agar dapat terselamatkan mobil dari pencurian, yakni:

Pertama

Memulai kebiasaan yang aman dengan selalu mengunci pintu mobil dan jangan biarkan mobil tidak terpantau saat hendak beraktivitas ke luar mobil meskipun hanya sebentar.

Misalnya mengisi bensin, mengambil uang di ATM, dan sejenisnya. Bahkan pastikan pintu terkunci saat kita sedang menunggu di dalam mobil.

Kebiasaan lain adalah tidak menyimpan benda berharga seperti laptop, telepon genggam, kamera digital, dan sejenisnya di dalam mobil.

Apalagi jika disimpan begitu saja di bangku penumpang, posisi ini mudah terlihat dan bisa memicu kriminalitas. Jika terpaksa menyimpan barang di mobil, pastikan posisinya tersembunyi.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kedua

Menambah beberapa aksesoris keamanan. Mungkin pengamanan tambahan ini tidak sepenuhnya bisa menghalau pencuri, tapi setidaknya mereka akan kesulitan membobol pertahanan mobil.

Selain aksesori yang bisa dipakai misalnya, memasang kunci setir ketika mobil tidak dipakai dan memasang kawat baja alias sling yang dikombinasikan dengan gembok hardened pada ban.

Selain itu, kita dapat menanamkan pelacak GPS pada mobil yang tersinkronisasi dengan smartphone untuk mengetahui posisi mobil secara real time, setiap saat.

 

 

3 dari 3 halaman

Ketiga

Beli mobil yang memiliki teknologi immobilizer. Mobil dengan fitur ini hanya bisa menyala jika kuncinya berada di slot starter atau harus ada di dalam mobil.

Mobil jenis ini bahkan sudah ada yang tidak menggunakan slot kunci, namun hanya memakai tombol "starter" untuk menyalakan mesin.

Dengan demikian, pencuri tidak bisa mengakali lubang kunci starter karena memang tidak ada. Satu-satunya cara adalah dengan membawa serta kuncinya, yang tentu saja selalu kita bawa atau disimpan di tempat aman.

Namun, Teknologi tersebut memang hanya tersemat pada mobil keluaran terbaru yang termasuk jenis mobil kelas atas. Namun tenang saja, mobil jenis ini masih bisa didapatkan versi sekennya dengan kondisi yang masih berani diadu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.