Sukses

Livewire, Moge Listrik Pertama Harley-Davidson untuk Produksi 2019

Liputan6.com, Jakarta - Pameran sepeda motor bergengsi, EICMA 2018, di Milan, Italia menjadi saksi kelahiran motor listrik pertama Harley-Davidson (HD), Livewire. Pertama tampil dalam bentuk prototipe pada 2014, motor ramah lingkungan asal Negeri Paman Sam ini bakal mulai dijual tahun depan.

Mengutip Paultan, Kamis 98/11/2018), HD Livewire ini merupakan model listrik pertama dari berbagai motor listrik HD 9e-bike) yang bakal muncul pada 2022.

Meski terlahir sebagai electric vehicle (EV), Livewire tidak kehilangan ciri khas produk Harley-Davidson. Ya, motor listrik ini tampak kekar dan bergenre sport-cruiser layaknya Harley-Davidson V-Rod, Street-Rod, dan Iron 1200.

HD Livewire dipersenjatai baterai lithium-ion berkapasitas 12 Volt, yang juga untuk sumber tenaga lampu utama, instrument display, kontrol, dan juga klakson. Daya listrik disimpan dalam sel lithium-ion dan dikelilingi pelindung alumunium.

Pengisian daya dilakukan dengan on-board tingkat 1 yang terletak di bawah kursi, atau DC Fast Charge (DCFC) charger level 2 atau 3.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Meskipun spesifikasi kecepatan motor listrik ini masih dirahasiakan, motor ini kabarnya mengandalkan motor listrik bertenaga 74 Tk dengan torsi maksimum mencapai 70 Nm. Dapur pacu tersebut memiliki kecepatan maksimal 148 km/jam dan ditopang oleh sasis perimeter aluminium cor ringan.

Sayangnya, kehadiran HD Livewire ini menuai pro dan kontra di kalangan penggemar pabrikan motor gede asal Negeri Paman Sam tersebut. Namun, pihak HD sendiri tidak menyurutkan nianya untuk berinovasi dan menciptakan kendaraan masa depan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Pesan 100 Unit, Jokowi Tidak Bakal Kasih Proteksi buat Gesits
Artikel Selanjutnya
Target 100 Persen Konten Lokal Gesits Masih 2 Tahun Lagi