Sukses

Begini Cara Merawat Bodi Motor Agar Tidak Cepat Kusam

Liputan6.com, Jakarta - Merawat sepeda motor kesayangan merupakan hal yang wajib dilakukan. Jika motor tetap bersih dan kinclong, pastinya bakal enak dilihat dan menambah rasa percaya diri saat menggunakan sepeda motor untuk beragam aktivitas.

Selain menjaga sepeda motor tetap terlihat bersih, merawat cat bodi motor agar tidak berubah menjadi kusam seiring pemakaian juga penting untuk dilakukan. Berikut, beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membuat bodi motor tetap tampak cerah, seperti dilansir Suzuki Indonesia:

1) Rutin mencuci motor

Hal yang paling penting untuk menjaga bodi motor tak kusam adalah rutin mencucinya. Dengan terus menjaga kebersihan motor, paling tidak kita bisa memelihara motor agar tampak tetap mengilap. Biasakanlah mencuci motor minimal seminggu dua kali. Saat mencuci, pakailah sampo khusus motor dan bukan deterjen.

Kenapa tidak disarankan memakai deterjen? Karena deterjen bisa membuat warna cat motor menjadi mudah kusam dan pudar.

2) Bersihkan motor secara detil

Kebanyakan orang hanya membersihkan motor di bagian yang tampak saja. Padahal, ada beberapa komponen metal yang sebenarnya bisa dijaga tetap mengilap. Pakailah sikat gigi bekas dan kuas untuk membersihkan sudut-sudut tak terjangkau pada motor. Jika ada bekas oli yang mungkin menempel, gosoklah dengan kain yang diberi sedikit bensin.

3) Segera cuci setelah terkena air hujan

Jika motor baru saja terkena air hujan, segera cuci. Ini penting untuk dilakukan segera agar air hujan tidak terlalu lama menempel di bodi motor. Ingat, zat garam dari hujan itu memiliki sifat korosif dan bisa membuat komponen metal motor menjadi berkarat dan bisa membuat cat bodi motor menjadi kusam.

Motor jangan langsung dilap setelah terkena hujan karena debu-debu yang menempel di motor bisa membuat bodi motor menjadi lecet. Siramkan air dulu ke seluruh motor agar debu yang menempel hilang, baru proses mencuci motor dilakukan.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4) Poles motor secara rutin

Tips selanjutnya adalah poles motor secara rutin. Berikan polish wax supaya bodi motor tetap mengilap dan tidak tampak kusam. Jangan lupa oles juga bagian kulit jeruk motor supaya tetap terlihat baru.

5) Parkirlah di tempat yang teduh

Tips terakhir, carilah tempat parkir motor yang teduh. Jangan biarkan motor diparkir di tempat yang terpapar sinar matahari langsung agar cat tidak kusam. Jika memang sulit mencari parkiran motor yang teduh, gunakan cover motor agar motor tidak terpapar sinar matahari langsung.

 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Trik Mudah Mengusir Suara Berisik di Kabin Mobil
Artikel Selanjutnya
Sayang, Lampu Depan Motor Kustom Jokowi Tak Menyala