Sukses

Mesin Mazda MX-5 Jadi Lebih Galak, Bagaimana Bisa?

Mazda MX-5 naik performanya. Ada penambahan tenaga dan torsi.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya Mazda CX-9 yang mengalami penambahan fitur. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor resmi merek Mazda di Indonesia juga memperkenalkan mobil roadster Mazda MX-5 yang telah mengalami perubahan khususnya pada sektor mesin.

Menurut Presiden Direktur PT EMI Roy Arman Arfandy, dengan tampilan terbaru, Mazda MX-5 diharapkan dapat memuaskan penggemar mobil sport berbobot ringan yang menjadi keunggulan dari MX-5.

 

“Dengan filosofi unik khas Mazda, Jinba-ittai, setiap pengemudi mobil Mazda dapat merasakan kesatuan yang harmonis dengan mobilnya sehingga dapat menyuguhkan kesenangan berkendara yang istimewa,” kata Roy saat ditemui di Mazda Power Drive 2018 yang berlangsung di Epiwalk, Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Sabtu (20/10/2018).

Nah, jika dilihat dari bentuk Mazda MX-5 terbaru ini tak terlihat perubahannya. Sebab, Mazda  melakukan perubahan pada settingan mesin untuk meningkatkan performa, penambahan tenaga dan torsi.

Akan tetapi, tetap ada ubahan yang bisa terlihat, seperti penggunaan pelek desain baru berukuran 17 inci dengan balutan warna black glossy.

Di bagian kabin, hadir pula sistem kemudi teleskopik untuk pertama kalinya pada Mazda MX-5. Mazda juga memastikan ada pengurangan kebisingan akibat angin, setelan tempat duduk yang lebih mudah serta pintu yang lebih mudah dibuka.

Selain itu terdapat perubahan pada tampilannya serta pemangkasan bobot total mobil.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Adapun pada bagian mesin sehingga mengalami perubahan dengan peningkatan kemampuan mesin berkat peggunaan piston dan connnecting rods yang lebih ringan, injeksi bahan bakar bertekanan lebih tinggi serta desain ulang saluran intake.

Flywheel baru juga digunakan untuk memberikan respon mesin lebih cepat dan sistem saluran pembuangan baru juga sekaligus menghasilkan output suara mesin yang lebih sporty.

Menyalurkan kekuatan baru mesin MX-5 ke roda penggerak belakangnya, Mazda masih mempertahankan transmisi otomatis 6-speed dengan rasio final gear yang lebih rapat.

Secara menyeluruh, jantung pacu Mazda MX-5 ini telah dibenamkan mesin silinder Skyactiv-G 2.0 dengan tenaga lebih besar 12,8 Tk menjadi 180 Tk pada putaran mesin maksimal menjadi 7.500 rpm (sebelumnya 6.800 rpm), dan torsi puncak juga meningkat 5 Nm menjadi 205 Nm pada 4.000 rpm.

Mobil yang bisa melepaskan bagian atap ini dilengkapi dengan sistem keselamatan teknologo i-Activesense antara lain : Adaptive LED Headlight (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM) & Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Lane Departure Warning System (LDWS).

Pilihan warna yang ditawarkan Mazda MX-5 yaitu Snowflake White Pearl Mica, Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic.

Soal harga, mobil ini All-new Mazda MX-5 memiliki banderol harga Rp 799,8 juta on the road Jabodetabek. Adapun dengan tambahan Rp 4 juta  untuk warna khusus Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.