Sukses

Enggak Usah ke Bengkel, Atasi Bumper Penyok dengan Cara Ini

Bagian dari bodi mobil yang kerap penyok adalah bumper. Penyok ini umumnya akibat benturan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagian dari bodi mobil yang kerap penyok adalah bumper. Penyok ini umumnya akibat benturan, baik itu menabrak benda dengan keras ataupun ditabrak kendaraan lain.

Nah umumnya bumper terbuat dari material plastik, mata tak heran jika gampang penyok. Saat bumper mobil penyok, banyak yang bilang tak perlu membawanya ke bengkel.

Sebab, bumper yang penyok ini bisa diperbaiki sendiri. Seperti dilansir dari situs resmi Hyundai Indonesia, bahwa teknik memperbaiki bumper yang bematerial dari plastik ini bisa pakai air panas.

Tapi ingat ya, teknik memperbaiki menggunakan air panas ini hanya untuk bumper saja ya, karena materialnya plastik. Namun demikian, tetap harus berhati-hati saat melakukannya.

Air panas memang bisa mengembalikan bodi plastik yang penyok, tapi hasilnya tak akan sempurna. Selain itu bila terlalu panas juga bisa membuat cat bodinya justru mengelupas.

Begitu juga jika terkena mika lampu bisa bikin warnanya berubah, tak jernih lagi.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini

Masih dari sumber yang sama, hasil paling sempurna membetulkan bodi plastik yang penyok sebenarnya dilakukan menggunakan heat gun.

Caranya, panaskan dari luar lalu secara perlahan ditarik hingga lekukan bumper akan kembali ke posisi semula.

Namun demikian, jika tak yakin dengan kemampuan memperbaiki sendiri, ada baiknya memang membawa mobil ke bengkel resmi. Sehingga tak menimbulkan masalah baru.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.