Sukses

Harga BBM Naik, Begini 3 Tips Mengemudi Efisien Saat Macet

Saat kondisi macet, akan menambah kerugian lantaran selain memakan waktu, padatnya arus lalu lintas membuat bahan bakar terbuang sia-sia karena kondisi macet

Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tepat pukul 11.00 WIB di seluruh Indonesia, Rabu (11/2018) tentu saja membuat para pemilik kendaraan mengeluh lantaran biaya pembelian bahan bakar membengkak.

Belum lagi, ketika mengemudi saat kondisi macet. Tentu saja hal akan menambah kerugian lantaran selain memakan waktu, padatnya arus lalu lintas membuat bahan bakar terbuang sia-sia karena kondisi macet.

Nah ternyata, jika Anda pengendara mobil, ada trik khusus bagaimana cara mengatasi borosnya BBM ketika saat macet. Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebagaimana dilansir dari Astraworld.

Pertama, bagi pengguna mobil transmisi otomatis, jangan menggunakan modus 'D' saat berhenti menunggu macet. Sebab ketika berada di posisi tersebut dan pedal rem diinjak, laju mobil akan tertahan.

Praktis, kondisi ini membuat beban mesin lebih berat sehingga membuat konsumsi BBM lebih boros.

Disarankan, gunakan modus 'N' ketika mobil diperkirakan berhenti. Pada posisi ini mesin mobil tidak akan terbebani dan pada akhirnya memuat distribusi bensin lebih hemat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kedua, hindari menginjak gas terlalu dalam ketika transmisi dari berhenti kemudian jalan. Tekan pedal perlahan sehingga putaran mesin tidak terlalu tinggi.

Ketiga, atur suhu kabin. Jangan posisikan temperatur pada posisi terendah. Ketika suhunya terasa cukup segera naikkan agar kinerja kompresor AC tak terlalu berat.

Kondisi ini dapat membuat kompresor berhenti bekerja, yang pada akhirnya mengurangi beban pada mesin dan irit BBM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.