Sukses

Teknik Parkir Mobil Masih Berantakan? Perhatikan 5 Tips Ini

Bagi sebagian orang, ada satu masalah yang sering dihadapi, parkir. Bukan soal lahan parkir. Tapi cara parkir mobil yang benar sehingga mobil bisa rapi di lahan parkir.

Liputan6.com, Jakarta Meski merasa mahir mengemudi, namun ternyata masih ada saja yang tak bisa melakukan parkir. Bahkan tak sedikit yang menganggap bahwa parkir jadi masalah.

Padahal, parkir merupakan salah satu teknik penting yang harus dikuasai para pengemudi, baik dalam kondisi ramai ataupun lokasi yang sempit.

Tak sedikit pemilik mobil di kota besar kelimpungan ketika harus parkir. Lahan yang sempit jadi tantangan tersendiri untuk parkir. Tak heran banyak bodi mobil lecet karena menyerempet atau disenggol mobil lain.

Namun begitu, memarkirkan mobil tetap harus dikuasai pengendara mobil, karena, mau tidak mau Anda akan parkir saat berkendara.

Adapun seperti dilansir Fimela dari mybmw.co.id, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan memarkir kendaraan:

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Pilih Zona Parkir

Carilah lahan parkir yang tidak mengganggu pengendara lain. Hindari parkir di jalan yang sempit, tikungan, atau zona dilarang parkir misalnya zebra cross. Pastikan lahan parkir yang akan ditempati sesuai dengan dimensi mobi.

2. Maksimalkan kaca spion

Gunakan semaksimal mungkin tambahan pandangan dari kaca spion luar maupun spion dalam. Atur sudut kemiringan kaca spion agar pandangan ke sekitar mobil memberikan gambaran jelas terhadap zona parkir yang dituju.

3. Sisakan ruang gerak

Berikan ruang antara mobil kamu dengan mobil atau kendaraan lain di sebelahnya. Untuk itu kamu bisa menggunakan garis pembatas parkir sebagai patokan. Pastikan pintu mobil, baik pengemudi atau penumpang belakang bisa dibuka leluasa tanpa harus bersenggolan dengan kendaraan lain.

4. Berkonsentrasi

Konsentrasi adalah hal yang penting dimiliki dalam melakukan banyak hal salah satunya adalah saat memarkir kendaraan. Hindari melakukan kegiatan lainnya saat sedang memarkir mobil seperti menggunakan handphone.

5. Gunakan alat bantu

Sejumlah mobil keluaran tahun terbaru kini dilengkapi fitur yang memudahkan pengemudi saat parkir. Fitur-fitur ini diantaranya adalah sensor parkir hingga kamera parkir. Sensor parkir akan membantu pengemudi ketika parkir dan member peringatan saat ada obyek yang sudah sangat dekat dengan mobil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.