Sukses

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Suku Cadang

Untuk menjaga performa sepeda motor kesayangan, banyak yang harus diperhatikan. Salah satunya, dengan melakukan servis berkala dan mengganti suku cadang yang sudah saatnya diganti.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjaga performa sepeda motor kesayangan, banyak yang harus diperhatikan. Salah satunya, dengan melakukan service berkala dan mengganti suku cadang yang sudah saatnya diganti.

Namun, untuk memilih suku cadang berkualitas, ada lima hal yang harus diperhatikan, yang disarankan oleh PT Astra Honda Motor (AHM):

1) Kenali produk dan kemasan

Langkah awal yang perlu diperhatikan saat membeli suku cadang, salah satunya pastikan kemasan dalam keadaan baik, tidak sobek, dan kemasan belum terbuka untuk menjamin keasliannya.

Selain kemasan, konsumen sebaiknya membeli suku cadang di tempat yang terpercaya atau yang bekerjasama dengan Agen Pemegang Merk (APM).

"Untuk konsumen sepeda motor Honda, dapat membeli di bengkel AHASS dan toko suku cadang resmi motor Honda yang menyediakan layanan purna jual suku cadang," ujar Dheni Setiawan, General Manager Parts Division PT AHM.

 

2) Membeli di jaringan terpercaya

Untuk mendapatkan suku cadang yang berkualitas dan terpercaya, pastikan pecinta sepeda motor membeli suku cadang di jaringan toko yang menjadi rujukan produsen sepeda motor.

Sering kali, hal ini yang terlupakan oleh konsumen dengan membeli suku cadang di toko yang tidak bekerjasama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3) Stiker Barcode

Perhatikan kondisi stiker barcode yang tertera pada kemasan suku cadang dalam kondisi baik seperti tidak rusak, sobek maupun dalam kondisi tulisan jelas. Selain itu, pastikan tampilan hasil proses scan barcode sesuai dengan produk suku cadang yang diinginkan.

"Produk suku cadang Honda Genunie Part (HGP) yang dikeluarkan AHM memiliki fisik barcode dalam bentuk 2 dimensi dan tidak dicetak pada kemasan," ujar Dheni.

4) Hologram

Stiker hologram merupakan salah satu hal yang sering dijumpai pada kemasan suku cadang sepeda motor. Pada stiker hologram, perhatikan lapisan hologram tidak terlepas dan logo tercetak dengan jelas.

5) Perbanyak Informasi Sebelum Membeli

Selain memperhatikan kondisi kemasan, konsumen harus perhatikan suku cadang yang ingin dibeli. Salah satunya dengan perbanyak informasi melalui media masa yang terpecaya atau meminta saran teman yang pernah membeli produk yang akan dibeli.

"Sebagai contoh pada produk kampas rem yang sering kita temui di pasaran, kampas rem asli sepeda motor Honda memiliki lining pad yang kasar dan berwarna abu-abu tua dengan serbuk tembaga," pungkas Dheni.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.