Sukses

Mendeteksi Penyebab Bunyi Aneh dan Hentakan pada Mobil

Umumnya, mobil dengan kondisi prima tidak akan menimbulkan suara aneh, entah itu seperti benturan antara dua besi atau hentakan.

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya, mobil dengan kondisi prima tidak akan menimbulkan suara aneh, entah itu seperti benturan antara dua besi atau hentakan. Tapi jika itu terjadi, Anda harus segera cari tahu sumber bunyinya.

Dilansir dari carfromjapan.com, Selasa (17/07/2018), terdapat beberapa penyebab suara hentakan tersebut. Biasanya suara ditimbulkan dari bagian bawah kendaraan atau berhubungan dengan kemudi dan roda.

Berikut 3 komponen yang berpotensi menyebabkan suara hentakan.

1. Tie rod dan long tie rod

Kedua komponen ini berfungsi meneruskan putaran kemudi ke roda depan, sehingga mobil dapat berbelok ke kanan dan ke kiri. Kerusakan atau kendurnya komponen tersebut dapat menimbulkan suara seperti sebuah besi yang saling bertabrakan atau hentakan.

Apabila dibiarkan, risiko kerusakan lebih parah bisa terjadi, atau bahkan Anda akan kehilangan kendali atas kemudi.

2. Sway bar

Berfungsi untuk menjaga kestabilan kendaraan ketika bermanuver, sway bar bisa menjadi salah satu biang munculnya suara hentakan. Biasanya terjadi akibat koneksi sway bar yang kurang kuat atau longgar.

Jangan dibiarkan, selain menimbulkan suara yang mengganggu, rusaknya sway bar akan mempengaruhi handling kendaraan.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Ball joint

Komponen ini terletak di area kaki-kaki mobil. Di mana berfungsi sebagai sumbu roda atau penghubung knuckle roda dengan sistem suspensi.

Apabila komponen tersebut menghasilkan suara hentakan, ini artinya telah terjadi kerusakan yang berdampak pada arah perputaran ban yang tak stabil atau oblak.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.