Sukses

SUV Bekas Mulai Diincar untuk Mudik, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Bulan puasa ternyata cukup berpengaruh terhadap permintaan mobil bekas. Bahkan, dua minggu menjelang Lebaran, kenaikannya mencapai 15 persen.

Fenomena ini tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan untuk mudik maupun untuk pemenuhan gaya hidup atau gengsi.

“Kita meihatnya bahwa 15% konsumen ingin menukar mobilnya di mobil88 untuk berlebaran atau mudik. Hampir setiap tahun kenaikan sama-lah, 15% atau di bawah 20%. Kecuali empat tahun lalu, tahun 2014 bisa sampai 20%. Dua tahun ini terasa penjualan otomotif (baru) stagnan, kita di mobil bekas ikut merasakan juga,” kata Fischer Lumbantoruan, Chief Operating Officer mobil88.

Menurut Fischer, situasi Lebaran membuat bisnis mobil bekas sedikit diuntungkan, karena unitnya ready to use. Berbeda dengan mobil baru, proses registrasi, surat dan nomor polisinya memakan waktu seminggu atau dua minggu.

Bahkan bisa seusai Lebaran mobil baru diantar. Sementara beli mobil bekas, lunas, bayar ke dealer, mobil bisa langsung dipakai buat mudik.

Mobil bekas paling banyak diburu untuk dipakai mudik adalah rentang harga Rp 130 juta sampai Rp 200 juta. Di harga mobil seken ini diiisi oleh Avanza, Xenia, dan Innova. Artinya, mobil keluarga tetap masih menjadi piihan.

 

2 dari 3 halaman

SUV Mulai Dilirik

Namun, sejalan dengan tren SUV dalam dua tahun terakhir, permintaan mobil SUV untuk dipakai berlebaran mengalami tren kenaikan, selain citycar atau mobil compact.

Dengan kata lain, pemudik mulai melirik SUV dengan tampilan gagah, dan bisa menjadi simbol kesuksesan yang dibawa ke kampung halaman.

Pemilihan SUV ini tidak lepas dari pergeseran tren global dalam dua tahun terakhir, bukan sebatas season trend, seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kalau dulu masyarakat Indonesia taunya cuma MPV (buat mudik). Kalau tiga tahun ini ada kenaikan untuk citycar atau compact car, dan SUV. Tadinya orang dulu pulang kampung taunya bawa MPV, dengan pergeseran itu ada costumer yang berpikiran, wah bawa SUV mudik keren juga,” tukas Fischer.

Sementara itu untuk menarik minat terhadap mobil seken, selama bulan puasa mobil88 menggelar promo "Ramadan & Lebaran Untung mobil88" di seluruh cabang selama periode 23 Mei – 30 Juni 2018, dalam bentuk cashback sampai Rp 14.390.000.

Selain promo tersebut, mobil88 juga menyediakan berbagai layanan purnajual tambahan bagi konsumen yang membeli mobil seken, yaitu dalam bentuk layanan servis gratis, dipadu dengan asuransi serta car detailing yang bebas biaya.

Sepanjang Januari-April 2018 mobil88 telah mencatatkan penjualan lebih dari 6.700 mobil dengan rata-rata penjualan per bulan lebih dari 1.670 unit.

Reporter : Nazzaruddin Ray

Sumber : Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Kenali 10 Gejala Transmisi Matik Bermasalah
Artikel Selanjutnya
Mendeteksi Aki Soak, Begini Cara Gampangnya