Sukses

Cara Cek Tekanan Angin Ban Pakai Telapak Tangan

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga tekanan angin ban kendaraan merupakan hal wajib. Karena tekanan angin pada ban memengaruhi performa pada ban, seperti pengendalian dan pengereman.

Saat ini tersedia cukup banyak alat pengukur tekanan ban dijual di pasaran. Pengendara juga bisa membawa kendaraannya ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan.

Di samping kedua cara itu, terdapat cara mudah yang dapat dilakukan pengendara untuk mengetahui tekanan angin pada ban mobil penumpang, yaitu dengan menggunakan telapak tangan.

Ya, menurut Deni Arief Pribadi selaku Department Manager Training and Product Evaluation PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN), permukaan ban mobil penumpang yang menyentuh dengan jalanan luasnya setara dengan telapak tangan manusia. Luas tersebut merupakan tanda ideal bahwa ban memiliki tekanan angin yang sesuai.

Apabila permukaan ban tersebut lebih besar dari telapak tangan, berarti tekanan anginnya kurang dari ideal. Sebaliknya, jika permukaan ban yang terkena jalan lebih kecil dari telapak tangan, maka tekanan angin yang terdapat di dalamnya berlebih.

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Tekanan angin yang kurang maupun berlebihan dikatakan Deni sangatlah berbahaya. Soalnya hal tersebut dapat merusak ban, bahkan memengaruhi jarak pengereman yang seharusnya.

Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Sumber : Otosia.com
2 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
3 Penyebab Utama Ban Mobil Cepat Botak
Artikel Selanjutnya
Sebelum Mudik, 4 Cairan di Mobil Ini Wajib Diperiksa