Sukses

Cara Pilih Sarung Mobil yang Baik Supaya Tidak Merusak Cat

Salah satu cara agar cat mobil Anda awet, bisa dengan menyarunginya saat parkir. Sarung atau cover mobil haruslah dipilih dengan tepat agar tidak menyebabkan kelembaban.

Liputan6.com, Jakarta - Merawat mobil terutama cat kendaraan memang perlu hati-hati. Bahkan penggunaan sarung atau cover mobil ternyata memberi dampak besar terhadap cat.

Teknisi poles Auto Glaze Express, Saryanto, mengatakan jika menginginkan cat atau hasil poles mobil bertahan lama, sebaiknya pemilik mobil memakai sarung yang terbilang mahal untuk melindunginya.

"Boleh-boleh saja disarungin. Tapi pakai sarung, kalau bisa harus sarung yang mahal, karena pengaruh dari bahan," kata Saryanto kepada Liputan6.com, di Kelapa Gading, Minggu (22/4/2018).

Menurutnya, jika sarung yang biasa-biasa saja akan menghasilkan kelembaban.

"Di dalamnya itu bisa lembab, apalagi kalau kehujanan, biar gak kena hujan tapi lembab di dalamnya karena bahannya kayak plastik," ujar pria yang akrab disapa Aki ini.

Aki mengatakan sarung yang mahal tersebut harganya kisaran di atas Rp 800 ribu. Bahkan menurutnya, di toko perlengkapan seperti Ace Hardware, harganya bisa mencapai Rp 1,5 juta. Sedangkan di Pasar Mobil Kemayoran kisaran Rp 800- 900 ribu.

"Kalau di atas Rp 800 ribu, di dalam sarung itu ada parasitnya. Lebih berat dan lebih tebal memang, dia gak akan lembab dan bisa menyerap panas atau lembab di dalamnya," ujarnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ia menjelaskan jika sarungnya berbahan tipis, hal ini bisa mengakibatkan bahan kimia di cat mobil keluar. Terlebih untuk warna-warna tertentu.

Kalau sudah begitu, apa efeknya?

"Kalau cat mobilnya warna putih, silver atau merah, nanti bisa menjadi ada bercak kuning-kuning dan itu gak akan bisa dihilangkan. Apalagi di warna putih paling terlihat," kata dia.

Jika bercak tersebut ada, salah satu untuk menghilangkannya yakni dengan body repair yang memakan biaya hingga di atas Rp 2 juta.

"Itu enggak akan bisa hilang karena kan kotoran dari dalam bukan dari luar. Kalau mau menghilangkan harus body repair dan itu kan satu mobil. Satu panel saja biasanya kisaran Rp 300-400 ribuan. Ya, bisa Rp 2 juta lebih habisnya," pungkas Aki.

Jadi, akan lebih baik jika Anda menggunakan sarung mobil yang berkualitas baik agar cat mobil Anda tetap terjaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.